Pembagian Seragam Sekolah Gratis Belum Ada Kepastian, Oddang Seharusnya Sudah Tuntas Diawal Tahun 2022

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan telah menjanjikan seragam sekolah gratis untuk siswa baru di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Balikpapan.

Namun sampai saat ini para orangtua masih belum mendapatkan jadwal pasti kapan seragam itu akan dibagikan. Padahal seluruh siswa akan mengikuti kegiatan belajar mulai 11 Juli 2022.

Bahkan dari pantauan situs pengadaan barang dan jasa Pemkot Balikpapan, belum ada jadwal lelang untuk pengadaan seragam sekolah gratis.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kota Balikpapan Syarifuddin Oddang memaparkan, seharusnya Pemkot telah menyelesaikan proses lelang untuk pengadaan seragam sekolah gratis tersebut. Sehingga seragam dapat digunakan saat pertama masuk sekolah.

“Harusnya saat anak diterima di sekolah mendaftar, mereka juga sudah menerima seragamnya. Tapi jika belum ditender, terus waktunya belajar bagaimana?,” ucap Oddang dihubungi awak media, Kamis (7/7/2022).

Ditegaskannya, untuk lelang pengadaan seragam sekolah gratis seharusnya sudah tuntas di awal tahun 2022 ini. Mengingat anggarannya sudah dibahas dan dialokasikan dalam penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022.

“Anggaran sudah dibahas tahun kemarin (2021), tinggal realisasinya saja tahun ini. Dan bisa dibagikan tahun ini,” jelasnya.

Lanjutnya, meski Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Balikpapan memperbolehkan siswa baru menggunakan seragam lama (sekolah asal), kebijakan ini dinilai tidak tepat, karena di lingkungan sekolah sudah ada aturan yang mengatur.

“Harapan orangtua seragam bisa dipakai waktu masuk, tapi kalau diperbolehkan tanpa menggunakan seragam, tentu ini menjadi persoalan. Tetapi jika sekolah tidak memperbolehkan bagaimana, ini akan menjadi kisruh,” ungkapnya. (Mys/ Ries).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *