Pemilih di Balikpapan Mencapai 481.118, KPU Sebut Ada Penambahan 17 Ribu Pemilih Baru

Balikpapan, Metrokaltim.com -Pleno hasil pemutakhiran data di tingkat kelurahan akan digelar setelah petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) selesai melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) yang berlangsung hingga 13 Agustus mendatang.

Pleno di PPS ini direncanakan akan dilaksanakan pada 15 Agustus mendatang. Kemudian akan dilanjutkan dengan pleno tingkat PPK, lalu tingkat KPU untuk mendapatkan daftar pemilih sementara (DPS).

“Jadi hasil coklit dijemput oleh kami menjadi DPS. DPS ini nanti diumumkan, diperbaiki dan diberi masukan. Kalau diplenokan berjenjang sampai dengan KPU menjadi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP),” terang Ketua KPU Noor Thoha.

Selanjutnya akan diplenokan hingga menjadi daftar pemilih tetap (DPT). “Pelaksanaan perkiraan sampai dengan September. Bulan Oktober nanti sudah harus clear,” ujarnya.

Noor Thoha menyebutkan, jumlah DPT ini ada kemungkinan untuk bertambah ataupun berkurang. Per 9 Desember 2020 nanti, data pemilih termasuk yang akan berusia 17 tahun sudah masuk. “481.118 orang pemilih perkiraan. Kalau dulu (2019, Red) 464.114,” paparnya.

Menurutnya saat ini ada penambahan pemilih baru. Sehingga perkiraan jumlah DPT nanti diperkirakan naik. Namun juga tidak menutup kemungkinan turun dari DPT Pemilu tahun 2019 lalu.

(adv/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *