Metro Kaltim

Pemkab Kutim Terus Jalin Kemitraan dengan Ponpes Syaichona Cholil

Sangatta, Metrokaltim.com – Memasuki peringatan hari Santri yang jatuh pada Selasa (22/10), maka pada Minggu (20/10) awak media Metro Kaltim menyambangi salah satu pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Yaitu, pondok pesantren Syaichona Cholil di Kecamatan Teluk Pandan, Kutim.

Kehadir jurnalis Metro Kaltim disambut ramah oleh pimpinan Ponpes Syaichona Cholil Ustaz Syafiq Kurdi, yang mana kali ini wawancara ekslusif bersama kepala Ponpes Syaichona seputar berbagai kegiatan pendidikan formal maupun informal.

“Santri kami baik yang laki-laki dan wanita disini lebih difokuskan pendalaman pada kitab kuning, selebih kami juga ada pendidikan formalnya seperti SD, SMP dan SMK,” terang ustaz Syafiq.

Keberadaan Ponpes ini dalam memajukan dan membesarkannya didukung pula melalui swadaya kemitraan baik dari Pemerintah Kabupaten Kutim. Diantaranya melalui Bupati H Ir Ismunandar MT, Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST.MM, Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan beserta jajaran, terlebih Ketua DPRD Kabupaten Kutim Bunda Hj Encek Ur Firgasih SH.MAP dan para orang tua wali santri.

Saat ini Ponpes Syaichona Cholil sendiri masih membutuhkan peningkatan sarana, seperti fasilitas rumah pondokan perlu ditambah lagi bangunannya, dapur dan lainnya.

“Karena saat ini dapur di Ponpes kami baik dapur santri putra dan putrinya masih gabung jadi satu. Begitu pula kesejahteraan para pendidiknya perlu terus terperhatikan dengan baik,” ulas Ustaz Syafiq.

Walau demikian dia mengakui sinerginitas melalui wujud perhatian akan kemajuan ponpes sudah dapat berjalan dengan baik, melalui kepedulian Pemkab Kutim dalam hal ini Bupati, Wabup, DPRD Kutim termasuk Polres Kutim dan stakeholder lainnya.

“Saya berterima kasih sekali kepada pihak Pemkab Kutim melalui kepemimpinan bapak Bupati dan bapak Wabup kami, Bunda Encek dan bapak Kapolres Kutim serta pihak-pihak lainnya, yang telah banyak memberikan support dalam membesarkan Ponpes kami. Semoga semua pihak yang telah memajukan pusat pendidikan Islam juga ponpes senantiasa di berikan keberkahan oleh Allah,” tutupnya.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *