Pemprov Kaltim Tetapkan Hari Pencoblosan Sebagai Hari Libur Nasional

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kabar baik buat seluruh warga Kalimantan Timur (Kaltim). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim resmi menerbitkan surat edaran mengenai libur nasional pada Rabu, 9 Desember nanti. Sebab, hari itu adalah hari pemungutan suara dalam ajang pemilihan kepala daerah (pilkada).

Dalam surat berbentuk subkopi yang diterima Metro Kaltim, terlihat, surat edaran tersebut bernomor: 270/7187/B.PPOD.III, tertanggal 2 Desember lalu. Ada empat poin dalam isi surat berkop Gubernur Kaltim itu.

Pertama, surat tersebut menetapkan Rabu, 9 Desember 2020, sebagai hari libur libur nasional dalam rangka pemilihan Bupati serta Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun ini. Kedua, pelaksanaan hari libur tesebut tidak terkait dengan kebijakan hari libur nasional dan cuti bersama yang ditetapkan dengan keputusan bersama oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 728 Tahun 2019, Nomor 213 Tahun 2019, Nomor 01 Tahun 2019 tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020.

Berikutnya, menginformasikan kepada seluruh jajaran dan masyarakat luas serta mengimbau agar semua pegawai atau karyawan beserta keluarganya dan masyarakat yang mempunyai hak pilih untuk berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing dengan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Dan poin terakhir di surat itu menjelaskan, bagi unit-unit organisasi yag bertugas memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat yang harus selalu siap 24 jam, seperti rumah sakit atau puskesmas, keamanan, pemadam kebakaran, telekomunikasi, listrik dan air, bea cukai dan keimigrasian, perbankan, serta perhubungan, agar mengatur pelaksaan hari yang diliburkan dengan pengaturan waktu kerja (shifting time), sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik.

Di bagian akhir surat tersebut, tertuang tanda tangan Gubernur Kaltim, Isran Noor.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *