Metro Kaltim

Pengepul Kulit Sapi Minim Pasokan Saat Idul Adha

Balikpapan, Metrokaltim.com – Puluhan kulit sapi qurban di kumpulkan dikawasan Kampung Timur Balikpapan Utara, Kulit sapi ini bukan untuk dibuang melainkan akan di kirim ke Bandung dan Tanggerang yang akan di jadikan sejumlah kerajinan baik sepatu maupun jaket.

Para pengepul ini mendapatkan kulit sapi dari hasil qurban yang di belinya dengan harga Rp. 30.000 rupiah setiap lembarnya. Setiap kulit sapi yang di beli akan di lakukan pembersihan dari sisa daging dan lemak yang menempel di kulit sapi, kemudian kulit sapi di cuci dan di kasih garam dan di jemur , proses ini dilakukan sebelum dikirim ke Bandung dan Tanggerang.

Kulit sapi ini kita beli dari pemotongan hewan kurban, harga satu lembar kulit sapi rp.30.000 ribu rupiah, kulit sapi ini masih perlu proses yang cukup panjang sebelum di kirimkan, jelas Hasan saat dikonfirmasi Metrokaltim.com pada (02/8).

Hasan menambahkan, tahun ini kulit sapi hasil qurban sangat kurang, di bandingkan dengan tahun sebelumnya, menyusut hingga 50 persen, kemungkinan yang berkurban juga sedikit tahun ini lantaran covid-19.

” Turun mas tahun ini jumlah kulitnya, turunnya sekitar 50 persen dari tahun lalu, mungkin juga karena sedikit yang berkurban akibat covid-19,” jelasnya.

Sementara untuk sisa daging yang di bersihkan akan di di jadikan tetelan sebagai bahan campuran untuk buat bakso.

(idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *