Peningkatan Jalan Jadi Prioritas, Diusulkan Dalam Musrenbang di Kecamatan Long Mesangat

Long Mesangat, Metrokaltim.com – Saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang, ST., MM menjelaskan seputar agenda musrenbang yang di pimpinya sudah memasuki yang ke – pelaksanaan musren.

“Yang mana musrenbang Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur terbagi atas beberapa tim seperti halnya Bupati Kutim bapak Ismunandar di wilayah pesisir, sementara saya di 8 kecamatan seperti Muara Wahau, Kongbeng, Telen, Busang dan Long Mesangat begitu pula dengan pak Sekda Kutim Irawansyah yang meliputi diantaranya Sangatta Selatan, Utara, Bengalon, Rantau Pulung,” jelas Wabup Kutim Kasmidi Bulang.

Wabup Kutim Kasmidi saat musrenbang di Kecamatan Long Mesangat.

Kasmidi Bulang menegaskan musren merupakan program penting dan wajib hadir terlebih beragam usulan prioritas akan dibahas pada tahapan selanjutnya melalui musrenbang Kabupaten, Provinsi bahkan tingkat nasional yang mana pada progress nantinya direalisasikan melalui APBD.

Saat sharing dengan Wabup Kutim Kasmidi Bulang, Kades Sumber Agung Imam Juni mengusulkan peningkatan sarana jalan penghubung. “Karena akses jalan kami memang perlu dibenahi dalam mendorong roda ekonomi masyarakat,”ulasnya di hadapan wabup.

Adapun usulan lainnya meliputi antara lain drainase, intalasi pipa di sarana ibadah seperti mesjid , pengadaan tenda turap, rehab gereja pembangunan masjid, teras masjid, pembangunan lumbung pangan, sarana (peralatan ) kesehatan, unit ambulan, tenaga medis, tersedianya fasilitas puskesmas cabang, kelanjutan progress pembangunan mushola di SD 007, air bersih dan listrik, penambahan ruang kelas di beberapa bangunan sekolah.

Usulan jalan jadi prioritas.

Terkaiit penambahan ruang kelas Wabup Kutim Kasmidi Bulang mencermati terlebih dahulu jumlah total murid di sekolah yang mengusulkan beberapa ruang kelas baru. “Mengapa hal ini saya tanyakan terlebih dahulu di karenakan untuk mengetahui lebih jelasnya dalam menyeimbangkan ruang kelas baru dan jumlah kelas berapa saja yang terbilang padat demi efisiensinya pelaksanaan pada progress pembangunannya,” imbuh Kasmidi Bulang.

Kasmidi Bulang kembali mengimbau para peserta musren di Long Mesangat yang terdiri dari para kades, ketua RT, BPD, tokoh adat, agama, masyarakat. Saat memimpin musren Wabup Kutim didampingi Asisten II Suroto, SE., MS.i, perwakilan anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur,kepala SKPD, Kabid, Kasubag, Kasi terlebih camat Long Mesangat Emmanuel Eng, SE., MS.i.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *