Penyaluran Logistik Pemilu Terus Dikebut KPU Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Penyaluran logistik dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Balikpapan masih berlangsung. Sejauh ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan telah menyalurkan sejumlah logistik pemilu seperti kotak dan surat suara ke enam kecamatan yang ada di Kota Balikpapan.

Seketaris KPU Balikpapan Sabrani mengatakan, penyaluran logistik pemilu sudah disalurkan sejak Sabtu (5/12) untuk wilayah kecamatan Balikpapan Utara dan Balikpapan Timur, dilanjutkan Minggu (6/12) untuk wilayah Balikpapan Selatan dan Balikpapan Barat dan Senin (7/12) di wilayah Balikpapan Kota dan Balikpapan Tengah.

“Adapun setiap proses penyaluran logistik pemilu ke setiap kecamatan diangkut 4-5 truk yang dikawal oleh petugas kepolisian,” terang Sabrani, Senin (7/12).

Sabrani menambahkan, nantinya logistik pemilu yang disalurkan ke kecamatan setelah diterima dan dilaporkan kembali akan disalurkan lagi ke kelurahan.

“Karena lokasi kantor kelurahan di Balikpapan ini berdekatan dan mudah dijangkau, maka setelah diterima di kecamatan secara simbolis, logistik pemilu disalurkan ke kelurahan, dan setelah itu besoknya kembali akan disalurkan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS),” jelasnya.

Meski begitu ada beberapa logistik perlengkapan pemilu yang sudah disalurkan lebih dulu ke TPS seperti papan pengumuman, sementara untuk logistik surat dan kotak suara baru diserahkan ke TPS Selasa (8/12) sore.

“Harusnya mulai hari dan besok paling lambat setiap KPPS sudah mulai membangun TPS nya, sehingga saat penyerahan kotak dan surat suara sudah siap,” kata Alex sapaan akrabnya.

Selain logistik Pilkada juga disalurkan kebutuhan untuk kelengkapan protokol kesehatan seperti sarung tangan, masker, hand sanitizer, face shield, cuci tangan ke masing-masing kelurahan untuk didistribusikan ke TPS.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *