Metro Kaltim

Peran Wanita di Pemerintahan dan Legislatif Kurang, Hj Sulastin Membuat Sejumlah Trobosan

Sangatta, Metrokaltim.com – Peran wanita masih dirasa kurang baik di Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur maupun legislatif Kutai Timur. Seharusnya bisa sejajar dengan pria. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur, Dr Hj Sulastin S,Sos.M.KES saat di temui di ruang kerjanya oleh media Metrokaltim.com.

Salah satu sosok Kartini dari Kutai Timur ini Hj Sulastin ini ingin mengubah cara berpikir wanita agar bisa lebih maju dan berkarya.

“Sudah pasti ilmu yang saya dapatkan akan diterapkan untuk kepentingan masyarakat dan khususnya wanita. Subtansi ilmu yang kita peroleh semua untuk kemajuan masyarakat,” terang wanita berhijab penuh senyuman itu.

Dia menyebutkan peranan wanita di Kabupaten Kutai Timur di eslon II masih bisa dihitung dengan jari. “Bukan hanya itu saja kita harus mempersiapkan diri, bilamana betul-betul ibu kota pindah ke Kalimantan Timur kita sudah siap, dan jangan sampai jadi penonton, tapi harus ikut berperan di dalam nya,” jelasnya Hj Sulastin.

Dia berharap di jaman digitalisasi dan globalisasi wanita jangan sampai ketinggalan bisa mengambil peran di dalamnya. “Terutama ibu – ibu yang background punya keahlian agar bergabung di Usaha Kecil Menengah (UKM, Red) dan Industri Kecil Menengah (IKM, Red), wanita harus maju dan berpikir kedepan,” ucapnya.

Dr. Hj Sulastin S,Sos.M.KES

“Begitu gelar doktor yang saya raih Disertasi yang berkonsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM, Red), maka saya akan membuat terobosan Sesuai dengan salah satu Visi Bapak Presiden RI yaitu membangunan Sumber Daya Manusia (SDM),” tambahnya.

Dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan manajemen talenta dalam menghadapi tantangan fenomena global yang dinamis, cepat, kompleks, berisiko, dan penuh kejutan. “Kita berharap Indonesia dapat menjadi negara yang makin produktif, berdaya saing, dan mampu mengikuti beragam perubahan, pengembangan sumber daya manusia sehingga dapat mengantisipasi dinamika ekonomi global sehingga terwujud SDM unggul Indonesia maju,” tandas Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcapil Kabupaten Kutai Timur, Dr Hj Sulastin.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *