Percepat Penanggulangan Pandemi, Polresta Balikpapan Kenalkan Aplikasi Lawan Covid-19 ke Jajaran

Balikpapan, Metrokaltim.com – Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 (BLC) akhirnya tiba di Jajaran Polresta Balikpapan. Melalui aplikasi yang digagas Satuan Tugas Penanganan Covid-19 itu, aparat bisa menginput data perubahan perilaku masyarakat untuk kebutuhan percepatan menanggulangi pandemi. Namun bukan perkara mudah mengoperasikan aplikasi tersebut.

Kamis (19/11) pagi, Bersatu Lawan Covid-19 dikenalkan kepada beberapa personel Polsek Balikpapan Timur – satuan kecamatan Polresta Balikpapan. Pada kesempatan ini petugas keamanan berkesempatan mengoperasikan BLC, seperti mendaftar, meng-login serta memasukan data perkembangan situasi lingkungan mengenai Covid-19. Namun mereka masih tergagap-gagap menjalankan aplikasi tersebut.

“Masih terkendala soal teknik atau cara melaporkan kegiatan di aplikasi Bersatu Lawan Covid-19, karena belum diketahui caranya,” kata Kepala Polresta Balikpapan, Komisaris Besar Polisi Turmudi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Polresta Balikpapan berencana menggelar pelatihan BLC di Markas Polsek Balikpapan Timur pada Senin (23/11) nanti. Kegiatan ini akan dipimpin Kepala Seksi Teknologi Informasi Polri dari Polresta Balikpapan, BRIPKA Mulayadi. “Ya, nanti akan ada materi lanjutannya,” ucap Turmudi.

Diketahui, BLC merupakan layanan digital untuk mengupdate data perubahan perilaku masyarakat terhadap protokol kesehatan secara real time, terintegrasi dan sistematis yang melibatkan koordinasi antar lintas sektor.

Para penggunanya dapat melaporkan perkembangan kepatuhan masyarakat, seperti melaporkan pelanggaran protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian ke BLC. Nantinya, data-data tersebut akan digunakan oleh aparat untuk menanggulangi Covid-19 melalui upaya promotif dan preventif. Selain itu, BLC juga bisa digunakan masyarakat untuk menyikapi serta Covid-19, seperti mengetahui kerentanan lokasi pernyebaran Covid-19.

Turmudi menjelaskan, hampir semua institusi kepolisian, mulai dari tingkat Polri, Polda, Polres, Polresta sampai Polsek telah menggunakan BLC. “Setiap personel diwajibkan melaporkan situasi dan kondisi dengan segera menginput data terkait penemuan pelanggaran protokol kesehatan di BLC,” pungkas perwira melati tiga itu. (sur/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *