Metro Kaltim

Pergantian Pucuk Pimpinan Polresta Balikpapan, AKBP Turmudi akan Tambah Polsek

Balikpapan, Metrokaltim.com – AKBP Wiwin Firta kini tak lagi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Balikpapan. Posisinya digantikan oleh AKBP Turmudi. Serah terima jabatan (sertijab) keduanya itu berlangsung di halaman Markas Komando Polresta Balikpapan, Jumat (29/11) pagi.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, Irjen Pol Muktiono, memimpin langsung jalannya upacara sertijab tersebut. Namun bukan hanya merotasi pucuk pimpinan Polresta Balikpapan. Jenderal bintang dua itu juga meresmikan tipe instansi kepolisian kota ini yang baru, dari Polres menjadi Polresta Balikpapan.

Diketahui, peningkatan tipe Polresta Balikpapan ini berdasarkan surat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), bernomor: B/849/M.KT.01/2019. Surat itu terbit sejak 18 September 2019, dan baru diresmikan hari ini.

Kepada awak media, AKBP Turmudi menuturkan, memimpin Polresta Balikpapan akan menjadi tugas yang berat. Namun hal tersebut akan dinikmatinya sebagai tantangan. Oleh karena itu, dia berharap, agar semua elemen masyarakat dapat membantu tugas Polresta Balikpapan.

“Mudah-mudahan saya bisa mengemban tugas dengan sebaik-baiknya, didukung oleh Pemda dan elemen masyarakat lainnya,” ucapnya usai pelatikan dirinya sebagai Kapolresta Balikpapan.

Dijelaskanya, Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Balikpapan 2020 akan menjadi salah satu tugas berat Polresta Balikpapan dalam waktu dekat ini. Oleh karenanya sejak saat ini ia sudah memberikan perhatian khusus untuk ajang lima tahunan itu.

“Bersiap untuk Pilwali nanti, ya, mudah-mudahan bisa berjalan lancar,” tutur mantan Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Kaltim ini.

Selain mempersiapkan Pilwali Balikpapan 2020, Turmudi juga tengah mempersiapkan penambahan Kepolisian Sektor (Polsek) yang baru di Balikpapan. Yaitu Polsek Balikpapan Kota dan Polsek Balikpapan Tengah.

Menganai rencana tersebut, dia menerangkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Koordinasi ini membahas soal lahan untuk membangun kantor Polsek yang baru.

“Untuk permintaan lahan itu sudah dikoordinasikan dan sudah diajukan ke Pemda. Jadi kami tinggal follow up, sampai di mana perkembangannya,” tutupnya.

Untuk diketahui, setelah tak lagi menjabat Kapolresta Balikpapan, AKBP Wiwin kini bertugas di Polda Kaltim. Di sana dia menjabat Kepala Bagian Pembinaan Operasional Biro Operasi.

(sur/ Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *