Peringatan HUT TNI ke-76, Akabri 89 Gelar Baksos dan Vaksin

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pengabdian 33 tahun, TNI-Polri Akabri 89 gelar kegiatan bakti sosial (baksos) dan vaksinasi dalam rangka HUT TNI Ke-76, yang dilaksanakan di BSCC Dome, Rabu (13/10).

Dalam sambutannya, Pangdam VI/Mulawarman Mayjend Heri Wiranto mengatakan, pelaksanaan kegiatan baksos dan vaksinasi ini dalam rangka HUT TNI ke-76. Dirinya mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat, anak sekolah dan mahasiswa yang mengikuti vaksinasi.

Mudah-mudahan semuanya sehat dan covid-19 segera hilang dari bumi Etam Kalimantan Timur (Kaltim). Dan sesuai dengan penyampaian ketua panitia, bahwa hari ini (13/10) pelaksanaan vaksin dan baksos dalam rangka pengabdian ke-33 tahun Akabri 89.

“Kita laksanakan untuk wilayah Kalimantan dipusatkan di Kodam VI/Mulawarman. Yang mewakili seluruh wilayah Kalimantan yakni Kodam XII, Polda Kalbar, Polda Kalsel, Polda Kalteng dan Polda Kaltara dan Polda Kaltim serta Kodam VI,” ucap Mayjend Heri Wiranto dalam sambutannya, Rabu (13/10).

Kegiatan baksos dan vaksinasi dalam rangka HUT TNI ke-76.

Lanjutnya, pihaknya akan bersama-sama bergabung dengan kegiatan yang dilaksanakan di pusat, yang langsung dihadiri oleh ketua MPR RI, Panglima TNI dan Kapolri serta jajaran para petinggi TNI, yang mana pelaksanaannya terpusat di Cilangkap, Jakarta.

Kemudian untuk seluruh abituren akademi militer, akademi angkatan udara, angkatan laut dan akademi kepolisian yang tergabung dalam Akabri 89, akan hadir dalam vidcon. Kegiatan ini memang semata-mata sebagai wujud pengabdiannya ditengah kondisi covid-19.

“Kami TNI-Polri yang senantiasa membangun kebersamaan, soliditas dan sinergitas tanpa batas dengan pemerintah daerah dan seluruh komponen bangsa. Ini kita lakukan untuk melaksanakan tugas pokok TNI, menjaga kedaulatan, melindungi segenap bangsa dan, menjaga kesatuan dan keutuhan wilayah,” jelas Heri.

Oleh karena itu, sangat tepat apabila kegiatan dalam rangka pengabdian ke-33 ini, tidak melaksanakan kegiatan kumpul-kumpul. Namun lebih peduli kepada masyarakat dengan melaksanakan serbuan vaksinasi, termasuk pembagian sembako.

“Saya juga sangat berterima kasih pada tokoh-tokoh yang ikut membantu kegiatan, antaranya kepala BRI, BNI, Mandiri dan Pegadaian,” akunya.

Pelaksanaan vaksinasi ini berjumlah 4.500 dosis, khususnya untuk anak SMP dan SMA, mahasiswa, masyarakat, lansia, petugas pemakaman, pasukan kuning dan juga manusia gerobak. Yang ini kadang-kadang tidak tersentuh. Sementara sembako yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan berjumlah 5.000 paket sembako.

“Dan yang mencetuskan langsung oleh Babinsa, Bhabinpolmar, Bhabinpobdirga dan Bhabinkamtibmas, beserta ojek online secara door to door,” paparnya.

Meski pandemi covid-19 semakin membaik, angka menurun, tetapi ia tegaskan bahwa covid-19 belum selesai, sehingga masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dan akan terus meningkatkan vaksinasi.

“Kami juga sampaikan kepada Panglima TNI dan Kapolri secara vidkon, untuk dapat memperbanyak vaksin di seluruh wilayah Kalimantan,” tegasnya.

Dengan meningkatnya vaksinasi, sehingga capaian vaksinasi yang baru 49,93 persen dapat mencapai atau 70 persen (head Immunity).

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *