Permasalahan Banjir Masih Menjadi Keluhan Warga Baltim, Sabaruddin: Drainase Kami Prioritaskan dan Usulkan ke PU

Balikpapan, Metrokaltim.com – Wakil Ketua DPRD kota Balikpapan H Sabaruddin Panrecalle menggelar kegiatan reses masa persidangan III tahun 2021 di Jalan Mulawarman RT 15 M.Point, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur (Baltim), Selasa (5/10) siang.

Sabaruddin Panrecalle mengatakan, dari tahun ke tahun setiap reses banyak masyarakat yang selalu bertanya. Tetapi tahun ini dirinya membatasi dengan protokol kesehatan (Prokes), meski Balikpapan turun level 2 bukan berarti masyarakat mengabaikan PPKM ini.

Sementara untuk usulan warga sendiri ada 27 usulan RT yang terdiri dari 4 kelurahan, yang disampaikan secara tertulis, SMS maupun melalui pesan Whats App (WA). Bahkan setiap tahun warga mengusulkan infrastruktur lingkungan seperti semenisasi dan drainase, begitu juga dengan sekolah dan kesehatan.

“Sebenarnya kami memang sengaja tidak membuka sesi tanya jawab, tetapi lebih mengarah dalam bentuk proposal,” ucap Sabaruddin usai reses, Selasa (5/10).

Dalam proposal tersebut warga lebih banyak mengeluhkan masalah perbaikan drainase di masing-masing wilayah. Mengingat setiap hujan, ada beberapa spot titik diwilayah Baltim yang selalu banjir, seperti yang terjadi di kawasan Lamaru.

“Dan insyaallah tahun depan ada beberapa usulan warga, yang sudah diprogramkan bersama dan disetujui bersama. Dan drainase ini yang kami prioritas dan usulkan pada DPU untuk segera dikerjakan,” tambah Wakil ketua DPRD.

Mengenai infrastruktur, menurutnya sejalan dengan program prioritas wali kota Balikpapan yang memiliki visi misi mengenai penanganan banjir, sehingga program itu dapat sama-sama akan didorong. 

“Tidak semuanya digelontorkan, persoalan waktu karena durasi tinggal dua bulan efektifnya,” jelasnya.

Selain itu, warga Baltim juga meminta agar dikawasan Kelurahan Manggar Baru bisa dibangunkan sekolah. Apalagi disana tidak ada sekolah, mulai dari SMP hingga SMA.

“Persoalan ini juga sudah kami sampaikan kepada Dinas Pendidikan bersama dengan pemerintahan untuk sesegera mungkin,” pungkasnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *