Petani dan Nelayan Air Tawar Sampaikan Keluhan, Lamaludin Laksanakan Reses di Desa Pepara

Tana Paser, Metrokaltim.com – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Paser, H Lamaludin, pun melaksanakan reses masa persidangan I pada 2021. Salah satu konstituen yang disambangi, yakni warga Desa Pepara, Kecamatan Tanah Grogot.

Serap aspirasi yang dilaksanakan Jumat (22/1). Dalam reses itu, tak hanya fokus pada penataan infrastruktur. Namun disampaikan pula masalah peningkatan perekonomian warga, khususnya yang menggantungkan kehidupan sehari-hari dari sektor pertanian maupun perikanan.

Permintaan warga diantaranya, normalisasi saluran drainase, mesin alat menanam padi, bantuan mesin kapal bagi nelayan air tawar, termasuk kepastian perbaikan jembatan yang sempat terputus pada September 2020 lalu.

Dikatakan Lamaludin, jika masyarakat Desa Pepara ingin menggalakkan potensi dari sektor pertanian. Hanya saja masih terdapat beberapa kendala. Apalagi nantinya, jika Ibu Kota Negara (IKN) baru telah realisasi, dipastikan Kabupaten Paser menjadi penyangga.

Reses Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Paser, H Lamaludin, di Desa Pepara, Kecamatan Tanah Grogot.

“Terkait adanya keinginan permintaan alat bantu tanam bagi petani dan mesin kapal bagi nelayan air tawar, saya meminta warga yang mengusulkan, mengundang kami kembali bertemu bersama dengan instansi terkait,” kata Politisi Partai Demokrat ini.

Dijelaskannya jika pertemuan harus dilakukan. Karena tak diinginkannya bantuan yang diberikan pada warga tidak sesuai. Sehingga nantinya sia-sia.

“Misalnya, anggaran alat bantu tanam itu berapa, dan nama proyeknya. Sehingga bisa saya usulkan dalam Pokir (Pokok-Pokok Pikiran) yang sesuai. Jadi harus duduk bersama lagi. Jangan istilahnya butuh sapi malah dibantu kambing,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengharapkan warga untuk aktif lagi dalam gotong-royong. Khususnya ruas jalan. Karena terlihat sudah dipadati ilalang. “Bisa bersurat ke dinas terkait melalui kades (kepala desa) untuk dibantu alatnya. Jika kesulitan masalah bahan bakar, sekiranya kami dapat membantu,” tukas dia.

(adv/sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *