PKBM Pengayoman Lapas Kelas IIA Balikpapan Gelar Wisuda Program Kesetaraan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman, menggelar program Kesetaraan untuk warga binaan yang berada di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Balikpapan.

Adapun beberapa program pembinaan yang digelar Lapas Kelas IIA, diantaranya pembinaan kepribadian intelektual, pembinaan kepribadian spiritual dan bimbingan kerja.

Sementara untuk jumlah penghuni Lapas saat ini ada 1.339 warga binaan dan jumlah ini terus mengalami peningkatan. Padahal sejatinya lapas kelas IIA Balikpapan hanya memiliki kapasitas 501 warga binaan, artinya Lapas Balikpapan saat ini mengalami over kapasitas mencapai 348 persen.

Ketua PKBM Pengayoman Slamet Riyadi mengatakan, bahwa PKBM pengayoman sebagai sebuah lembaga pendidikan non-formal merupakan sebuah komponen penting dalam pembinaan kepribadian intelektual.

“Saat ini jumlah warga binaan yang tidak berhasil menempuh pendidikan hingga SMA ada 804 warga binaan atau sekitar 61,21 persen,” ucap Slamet Riyadi usai kegiatan, Rabu (1/12).

Sungguh jumlah yang sangat besar dari data tersebut dapat diketahui bahwa sejatinya tingkat pendidikan mempengaruhi tingkat kriminalitas apalagi di zaman sekarang yang untuk melamar pekerjaan rata-rata bentukan syarat ijazah SMA.

Sebagai lembaga pendidikan non formal PKBM pengayoman telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional PAUD-PNF.

“Kami telah berhasil menyelenggarakan ujian pendidikan kesetaraan tahun ajaran 2020/2021, dan hari ini sebanyak 143 warga belajar dari 88 yang dinyatakan lulus,” ujar Slamet.

Lebih jauh Kepala Lapas Kelas IIA Balikpapan Pujiono Slamet menambahkan, bahwa saat ini ada 427 warga binaan yang tergabung baik program paket a, b dan c.

“Kami berharap, kelak warga binaan yang bebas dari lapas dapat memiliki skill dan pengetahuan yang cukup ketika kembali ke masyarakat,” tambah Pujiono.

(Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.