Sandiaga Berharap Balikpapan Bangkit, Kaltim Pulih dan Bisa Membangun Satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pelaksanaan kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia dengan tema Creative Talk Show #2 yakni Industri Kreatif Bangkit! Hasilkan Karya yang Terlalu Manis untuk Dilupakan, dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Plaza Balikpapan, Selasa (30/11) sore.

Dalam kegiatan Menparekraf didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor, Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan Anggota DPR RI Hetifah Sjaifudian, serta dihibur langsung oleh gitari Slank Ridho.

Dalam press conference Menparekraf Sandiaga Uno mengucapkan rasa syukur dan haru, karena ia bisa menutup rangkaian apresiasi kreasi Indonesia roadshow di 16 kota, salah satunya di kota Balikpapan, Kaltim.

“Saya ucapkan terima kasih pak Gubernur yang sudah menjadi host luar biasa, pak wali yang mendukung sub sektor ekonomi kreatif dan ekosistem, tentunya juga ibu Hetifah mitra saya di komisi X DPR RI,” ucap Sandiaga Uno di depan awak media, Selasa (30/11) sore.

Dirinya berharap Balikpapan bangkit, Kaltim kembali pulih dari segi pertumbuhan ekonomi dan Ibu Kota Negara (IKN) sukses, serta Kaltim bisa membangun satu kawasan strategis pariwisata nasional.

Dan harap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) kedepannya bisa mengakomodasi, karena akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai ibu kota negara.

Sementara untuk ekonomi kreatif ada 20 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya di sektor tersebut. Ia melihat bahwa produk-produk di Balikpapan maupun Samarinda sangat luar biasa potensinya dan ini akan dikembangkan dengan pelatihan pendampingan dan pembiayaan.

“Saya juga mendapat PR dari pak Gubernur, bahwa sudah tiga kali RPJMN, namun belum ada destinasi pariwisata,” jelasnya.

Sedangkan untuk perkembangan properti di Kaltim bagus, karena IKN akan menarik banyak investasi. Tetapi untuk kawasan strategis pariwisata nasional enam kali lipat dampaknya terhadap penciptaan lapangan kerja. Karena dari sektor yang ada di dunia usaha, pariwisata dan ekonomi kreatif itu dampaknya enam kali lipat.

“Jadi saya mengingatkan para pelaku ekonomi lebih fokus, dan terus mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif, karena dampak terhadap penciptaan lapangan kerja,” tuturnya.

(Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *