Pleno Tingkat Kecamatan Berlangsung, KPU Kukar Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi

Kutai Kartanegara, Metrokaltim.com – Saat ini pleno ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam pemilihan kepada daerah (Pilkada) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2020 tengah berlangsung di 18 Kecamatan. Untuk Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar, Erlyando Saputra mengajak para saksi, dan masyarakat untuk memantau, kawal, awasi rekap manual penghitungan surat suara tersebut.

Rekapitulasi (manual) hasil pemungutan dan penghitungan dari setiap TPS tengah berlangsung di tingkat kecamatan, karena itu, ia meminta bagi yang merasa peduli, akan hasil Pilkada 2020, dan memiliki keterikatan dengan peserta Pilkada, agar bersama mengawal dan pantau rekapitulasi tersebut.

Diketahui, setelah dilakukan pungut hitung di TPS pada 9 Desember, maka tahapan selanjutnya akan di lakukan rekapitulasi berjenjang baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten, jadwal rekap di tingkat kecamatan pada tangal 10-14 Desember dan rekap dan penetapan hasil di tingkat kabupaten pada 13-17 Desember.

“Kami (KPU) mengajak masyarakat untuk sama-sama mengawal proses rekapitulasi berjenjang yang akan dilaksanakan untuk memastikan bahwa hasil ditiap tingkatan telah berjalan sesuai aturan,” kata Nando, Jumat (11/12).

Selain rekap berjenjang, masyarakat pun bisa memantau hasil melalui hasil sirekap, yang telah di upload KPPS yaitu foto formulir C. Hasil-KWK, hasilnya termuat di website www.pilkada2020.kpu.go.id.

Namun apa yang di-upload tersebut hanyalah alat bantu dan alar kontrol, untuk hasil akhir tetap berada diproses rekap manual,” tandasnya.

Adapun hasil quick count di Portal Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 11 Desember 2020, pasangan Edi-Rendi unggul dibanding kokos dengan persentase 70,7 persen suara. Sementara Kokos 29.3 persen suara. Data tersebut diambil di 642 dari 1695 TPS se Kukar atau persentasi di TPS 37.88 persen.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *