Polairud Polda Kaltim Ikuti Peringatan HUT Polairud ke 70 Secara Virtual, Kapolri Jenderal Idham Aziz Pimpinan Upacara

Balikpapan, Metrokaltim.com – Perayaan HUT Polairud ke 70 tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun ini digelar secara virtual di Mako Direktorat Polairud Polda Kaltim, Balikpapan, Selasa (1/12). Kali ini pelaksanaan mengangkat tema dengan semangat promoter Polairud siap mengamankan Pilkada 2020, dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Turut hadir Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, Wakapolda Kaltim, Kabid Humas, Direktur Polairud, Wadir Polairud dan Perwira Utama Polairud Polda Kaltim.

Upacara peringatan HUT Polairud Ke 70 secara virtual dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Idham Aziz. Kapolri memberi amanat kepada jajaran Polairud untuk mendukung pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

“Dalam menghadapi agenda nasional ke depan, yaitu Pilkada Serentak 2020, jajaran Polairud diharapkan mampu mendukung pengamanan dalam pendistribusian kotak suara,” ucap Idham Aziz saat virtual.

Tantangan tugas Polairud ke depannya akan semakin kompleks, dalam mengamankan wilayah laut maupun udara dari setiap gangguan kejahatan. Sehingga ini menjadi tugas penting personil Polairud dalam mengumandangkan isu seputar keamanan laut.

Kapolri berharap peranan Polairud dalam pelayanan masyarakat, harkamtibmas serta penegakan hukum di laut harus dilakukan secara terencana dan dilaksanakan dengan baik. Ia juga meminta personil Polairud lebih meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat, bangsa dan negara.

“Kami mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke 70 Polairud. Polairud siap mengamankan Pilkada 2020 dalam mendukung pembangunan nasional,” jelasnya.

Foto bersama Kapolda Kaltim bersama PJU usai pelaksanaan upacara HUT Polairud ke-70.

Dalam kesempatan itu Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak mengatakan, dalam jangka pendek Balikpapan akan menggelar pelaksanaan Pilkada, Polairud akan terlibat langsung dalam setiap kegiatan pilkada.

Apalagi Polairud merupakan penjuru dalam penanganan covid-19, dimana Kabaharkam Polri sebagai pimpinan tertinggi dari Polairud di jajaran baharkam, itu adalah sebagai kepala operasi aman nusa dua dalam rangka penanganan covid-19.

“Polairud merupakan ujung tombak dalam penanganan covid 19, kemudian banyak program-program yang dilakukan oleh Polairud, baik dari Mabes Polri Polda untuk menjaga keamanan di perairan kemudian ikut sejahterakan masyarakat di pesisir, serta berupaya agar situasi dan keamanan di perairan tetap terjaga,” imbuh Herry Rudolf Nahak, usai menghadiri acara HUT Polairud.

Sementara yang menjadi harapan, agar kedepan Polairud dalam pelayanan semakin baik untuk masyarakat. Dan sebelumnya di pesisir mulai dari awal distribusi logistik menuju ke tempat-tempat kepulauan atau daerah pesisir yang sulit dijangkau oleh kendaraan darat akan dibawa menggunakan kapal Polairud yang bekerjasama dengan KPU atau setidaknya Polairud bisa ikut mengawal apabila KPU menggunakan kendaraan laut, sehingga Polairud mempunyai kewajiban untuk melakukan pengawalan.

Maka itu, Kabaharkam berpesan agar bisa terus meningkatkan kemampuan untuk tetap bisa memberikan pengabdian pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dirinya juga berterima kasih kepada pasangan calon (Paslon) selama kampanye melaksanakan dengan baik dan tetap menjaga protokol kesehatan, sehingga ia tidak melihat adanya laporan yang signifikan di Kalimantan Timur.

“Dan saya berharap sampai selesai kampanye nanti tetap di pertahankan. Kemudian kita sudah melewati sedikit masa tenang, dan pada saat pelaksanaan pemungutan suara bisa berjalan dengan kondusif, sehingga kita bisa mendapatkan pemimpin terbaik,” harapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *