Polda Kaltim Gelar Mitigasi Kebencanaan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam

Balikpapan metrokaltim.com – Polda Kalimantan Timur melalui Biro Operasional menggelar mitigasi bencana alam dalam rangka penanggulangan bencana alam tahun 2021 di gedung Mahakam Polda Kaltim pada (01/12/2021).

Kegiatan mitigasi bencana alam ini di buka langsung oleh Karo Ops Polda Kaltim, Kombes Pol Farnsiscus Barung Mangera didampingi Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo yang di hadiri unsur TNI, Basarnas Kaltim, BNPB Kaltim, BPBD, BMKG dan dan unsur relawan yang terkait dengan kebencanaan.

Dalam sambutannya Karo Ops Polda Kaltim, Mengatakan, kegiatan ini di gelar bertujuan untuk meningkatkan peran pihak-pihak yang terkait dalam rangka mengatasi mitigasi bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial khusunya di Provinsi Kalimantan Timur, serta mencari solusi yang tepat dengan memberikan konsep, strategi dan pemetaan terhadap daerah-daerah yang rawan bencana, baik bencana alam maupun sosial.

“Kita tingkatkan peran-peran pihak terkait dalam mengatasi bencana yang terjadi di Kalimantan Timur,” ujarnya.

Dalam kegiatan mitigasi kebencanaan ini yang di gelar di Polda Kaltim menghadirkan pembicara dari BMKG,BPBD dan juga Relawan Info Bencana.

Senada dengan kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno menjelaskan, Kegiatan mitigasi kebencanaan ini sangat baik, dengan menghadirkan seluruh stakholder yang terkait dan unsur relawan. Selain itu dengan adanya mitigasi ini secara bersama-sama menyamakan persepsi bagaimana mengatasi kebencanaan yang di lakukan di lapangan.

” Sangat baik, untuk pelatihan kebencanaan akan di lakukan namun bertahap, guna menghindari petugas yang seharusnya menolong malah di tolong, ini jangan sampai terjadi,” bebernya

Saat ini lanjut, Suseno yang harus di waspadai adalah LaNina yang di perkirakan akan terjadi hingga tahun 2022 mendatang, pungkasnya.

(ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *