Polisi Panen Perdana, Budidaya Sayuran di Mapolsek Balikpapan Timur

Balikpapan, Metrokaltim.com – Aparat kepolisian memanen sayuran yang dibudidayakan secara mandiri di Mapolsek Balikpapan Timur, Kamis (13/8) siang. Hasil perkebunan program ketahanan pangan Polri di tengah pandemi Covis-19 ini akan didistribusikan kepada warga kurang mampu di Baltim.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, Kapolsek Baltim Kompol FX Suhartanta, Kasatreskrim Polresta Balikpapan Kompol Agus Arif Wijayanto serta pengacara spesialis hotel prodeo Yohanes Maroko. Bersama-sama mereka memanen sayuran bayem, sawi daging dan kangkung.

“Ini panen perdana di sini. Nanti hasil panennya untuk anggota, tapi nanti akan kami bagikan kepada warga yang membutuhkan yang ada di daerah sini,” kata Turmudi kepada awak media di sela-sela kegiatan.

Dijelaskan Turmudi, budidaya sayuran ini merupakan salah satu program Polri menjaga ketahanan pangan di tengan bencana bukan alam pandemi Covid-19. Oleh karena itu, demi menjaga kebutuhan pangan masyarakat di situasi sulit, Polri menginstruksikan kepada seluruh instansi kepolisian untuk membudidayakan macam-macam jenis pangan secara mandiri.

“Semua Polda, Polres dan Polsek lainnya juga melakukan hal yang sama. Kalau di kami kan ada di belakang Mapolresta Balikpapan, ada dua kolam ikan di sana,” jelasnya.

Khusus di Mapolsek Baltim, Turmudi menyebut, ada delapan jenis tanaman yang dibudidayakan untuk menjaga ketahanan pangan, diantaranya ada bayem, sawi, kangkung dan jagung. Selain sayuran, Polsek Baltim juga membudidayakan tanaman buah, yakni lengkeng, rambutan, duren serta nangka. Total, ada semua tanaman tersebut dibudidaykan di atas lahan seluas 9.375 meter persegi.

“Ini juga agar dicontoh oleh masyarakat lainnya. Masyarakat harus membudidaykan tanaman untuk menjaga ketahanan pangan. Karena pandemi ini pasti akan mempengaruhi sektor perekonomian,” tandas Kapolresta.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *