Polresta Balikpapan Panen 3 Ribu Ekor Lele Hasil Budidaya Mandiri

Balikpapan, Metrokaltim.com – Polresta Balikpapan memanen ribuan ikan lele yang dibudidayakan secara mandiri di markasnya, Rabu (22/7) pagi. Semua ikan jenis air tawar ini segera didistribusikan kepada warga yang terkena dampak pandemic Coronavirus disease 2019 (Covid-19) melalui makanan siap saji.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, Ketua Bhayangkari cabang Balikpapan Tina Turmudi, Kabag Sumda Polresta Balikpapan Kompol Purnomo, Kasat Intelkam Polresta Balikpapan Kompol H Sarbini, serta sejumlah personel Polresta dan pengurus Bhayangkari lainnya.

Turmudi menyebut, ada 3 ribu ekor lele yang berhasil dipanen pihaknya. Semua ikan-ikan ini dibudidayakan secara mandiri oleh Polresta sejak pandemi Covid-19 merebak di Balikpapan. Dengan tujuan, kebutuhan warga yang terkena dampak pandemi bisa terbantukan.

“Alhamdulillah, hari ini (kemarin) kami melaksanakan panen raya ikan lele. Ribuan ikan ini kami budidayakan dengan sistem aquaponik (tumpang sari) dan kolam,” sebut Turmudi.

Kapolresta Balikpapan saat memanen ikan lele di Mako Polresta Balikpapan.

Semua hasil panen ini kemudian dibawa ke dapur umum Mapolresta Balikpapan. Di sana ikan-ikan lele diolah bersama bahan pangan lainnya oleh peronel TNI-Polri, Bhayangkari dan relawan. Setelah menjadi makanan siap santap, hasil olahan akan disalurkan kepada warga kurang mampu secara cuma-cuma.

“Karena tujuan dari budidaya ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan Balikpapan di tengah bencana Covid-19,” terang Turmudi.

Perwira melati tiga di pundak itu memprediksi, 3 ribu ekor lele ini mampu mencukupi kebutuhan pangan sebanyak 3 ribu warga Balikpapan. Dengan catatan, setiap makanan siap saji berisi satu ekor lele. Diperkirakannya, pendistribusian pangan ini akan berlangsung selama enam hari berturut-turut, terhitung sejak kemarin.

“Jadi setiap harinya ada 500 ekor lele yang akan kami masak di dapur umum kami,” bebernya.

Kapolresta pun memastikan, kegiatan budidaya lele dan menyediakan kebutuhan pangan ini belum berhenti sampai di sini. Polresta masih akan terus menggelar kegiatan tersebut. Sehingga, kebutuhan pangan warga Balikpapan bisa terus terpenuhi, meski di tengah pandemi Covid-19.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *