Polresta Balikpapan Pastikan Tidak Terbitkan Izin Keramaian untuk Tahun Baru

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sejumlah kegiatan besar sudah menunggu pada Desember ini. Selain pemilihan kepala daerah (pilkada) Balikpapan, di bulan ini akan ada perayaan Natal dan Tahun Baru.

Namun, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, tentu perayaan ketiga kegiatan tersebut akan berbeda dari sebelum-sebelumnya. Jangan bermimpi bisa membuat acara besar yang dapat mengundang banyak orang. Karena kepolisian tidak akan menerbitkan izin kegiatan tersebut.

Kepala Polresta Balikpapan, Komisaris Besar Polisi Turmudi mengatakan, pihaknya sudah mendapat intruksi dari Polri. Intruksi itu berisikan agar tidak ada kepolisian yang mengeluarkan izin kegiatan yang dapat mengundang keramaian, baik pilkada, Natal maupun Tahun Baru.

“Diperintahkan untuk tidak mengeluarkan izin keramaian dalam bentuk apapun,” katanya kepada awak media, Rabu (2/12).

Selain intruksi Polri, tambah Turmudi, ada juga surat edaran dari Gubernur Kaltim, Isran Noor. Surat tersebut nyaris serupa seperti intruksi Polri tadi, yaitu, meminta untuk tidak ada perayaan di malam Tahun Baru. Alasannya untuk mencegah penularan corona.

Turmudi pun meminta agar seluruh masyarakat mendukung kebijakan Polri dan Gubernur itu. Sehingga, diharpkannya, kegiatan pilkada, Natal dan Tahun Baru, bisa berjalan lancar tanpa ada korban corona.

“Saya kira kita semua sama-sama wajib mendukung itu, supaya tidak ada kerumunan massal,” ujar perwira melati tiga itu.

Jika ada yang melanggar kebijakan tersebut, Turmudi memastikan pihaknya akan memberikan tindakan tegas, seperti menegur hingga pembubaran acara. “Ya, nanti kami sesuaikan dengan aturan saja,” ucapnya.

Namun, mengingat pilkada, Natal dan Tahun Baru masih beberapa hari lagi, Turmudi menyadari semua masih bisa berubah. Bisa saja pandemi Covid-19 berakhir sebelum perayaan itu dimulai. Jika benar demikian, kepolisian tidak akan segan-segan mengeluarkan izin keramaian.

“Mudah-mudahan Tahun Baru pandemi sudah enggak ada, ya. Kita berdoa saja,” pungkas Kapolresta Balikpapan.

(sur/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *