Posyan Operasi Ketupat Mahakam di Pelabuhan Semayang Siap Cegah Mudik

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Mahakam 2020, aparat kepolisian mendirikan pos keamanan. Salah satunya Pos Pelayanan (Posyan) Terpadu Operasi Ketupat Mahakam 2020 di Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Pos ini didirikan oleh Polresta Balikpapan.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang Kompol Dika Yosep Anggara mengatakan, Pos Pelayanan Terpadu ini dijaga oleh aparat gabungan, terdiri dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan hingga mitra keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) lainnya.

Siap lakukan pengamanan di pelabuhan Semayang selama operasi Ketupat Mahakam 2020.

“Ada sekitar 13 personel di sini yang dibagi menjadi tiga regu. Posyan ini dibuka sejak 24 April, dan akan ditutup pada 31 Mei 2020,” katanya, Senin (4/5).

Dijelaskan Dika, tugas-tugas utama Posyan Terpadu itu adalah mewujudkan situasi aman dan kondusif, seperti yang telah diamanatkan Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono dalam melaksanakan Operasi Ketupat Mahakam 2020. Diantaranya mencegah aksi kriminalitas dan mencegah adanya mudik lebaran.

Personel kepolisian yang bettigas memantau situasi pelabuhan Semayang serta melarang warga untuk mudik.

“Ya, ini sesuai juga dengan kebijakan pemerintah tentang larangan mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19,” jelas perwira melati satu di pundak itu.

Dia pun memastikan, dalam mengambil segala tindakan dalam operasi ini, pihaknya akan mengedepankan upaya preventif dan represif. Hal ini dilakukan agar masyarakat situasi kota bisa terus berjalan aman dan lancar. “Sehingga terwujud situasi Kamtibmas yang kondusif,” tandasnya.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *