PPKM Mikro Buat Angka Kasus Covid-19 Menurun Drastis

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kasus positif covid-19 di Kota Balikpapan alami penurunan drastis. Satgas Penanganan covid-19 Balikpapan menyampaikan ada penambahan 33 kasus positif di halaman Pemkot Balikpapan, Senin (8/3).

Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty yang juga masih terkaget dengan keajaiban hari ini. Sebab biasanya kasus positif di angka 70 hingga ratusan per harinya.

“Alhamdulillah secara keseluruhan ada penurunan kasus di Balikpapan pada hari ini, hanya 33 kasus positif,” ucap dr Andi saat pers rilis.

Karena terkejut dengan penurunan drastis ini Dio bahkan sempat meminta tim surveillance yang mengolahan data covid-19 untuk memeriksa berkali-kali data hari ini. 

“Saya juga kaget apakah benar hanya 33 kasus, ini saya tanya ulang-ulang tadi ke tim surveillance, bahkan hanya 14 yang tersimpan. Artinya belum bisa terkonfirmasi, biasanya yang tersimpan ada puluhan sampai ratusan,” terangnya.

Dijelaskan, bahwa masih ada 14 spesimen yang masih tersimpan yang belum bisa dikonfirmasi hasilnya, namun ini menunjukkan penurunan karena biasanya yang tersimpan mencapai puluhan bahkan ratusan spesimen. Turunnya kasus ini, salah satu penyebabnya efek dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“Salah satunya itu. Kalau kami lihat ada hubungan atau korelasinya dengan PPKM Mikro yang sudah hilang zona orangenya,” pungkasnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *