Tahun Ini, Stationer Jacket Direalisasikan KSOP Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan keselamatan laut khususnya life jaket, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan akan menempatkan Stationer Jacket di kawasan pesisir wilayah laut Balikpapan.

Realisasi penempatan Stationer Jacket ini akan dilakukan pada tahun ini. Hal ini diungkapkan Kepala KSOP Kelas I Balikpapan M. Takwim Masuku. Di mana pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Camat dan Lurah yang berada di kawasan pesisir Balikpapan.

“Kami bekerjasama dengan Camat serta Lurah yang berada di kawasan pesisir untuk mendata jumlah kebutuhan rill untuk nanti diupayakan membangun stationer jaket ditempatkan di situ,” ujar Takwim, Senin (8/3) pagi.

Nantinya jika Stationer Jacket sudah tersedia, masyarakat dapat menggunakan life jaket untuk melaut. “Yang akan digunakan oleh masyarakat untuk melaut dengan sistem pinjam pakai jadi setelah meminjam lalu dikembalikan di tempat tersebut,” terangnya.

Takwim berharap, dengan adanya Stationer Jacket tersebut setiap masyarakat yang melaut ada dilengkapi dengan alat keselamatan khususnya life jaket, kemudian dengan cara meminjam life jaket tersebut otomatis mereka terdaftar.

“Sehingga kami setiap saat bisa melihat data masyarakat yang melaut sehingga jika terjadi kondisi di laut misal cuaca ekstrem kita cepat mengetahui masyarakat yang berada di laut,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *