Program Ambisius Pemdes Loa Janan Ulu : Meningkatkan Infrastruktur dan Kesejahteraan Warga pada Tahun 2023

KUKAR, Metrokaltim.com – Pemerintah Desa (Pemdes), Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar), menjalankan program pembangunan sarana dan prasarana publik yang ambisius sepanjang tahun 2023.

Sebanyak 16 proyek pembangunan telah dikerjakan di wilayah desa ini dengan tujuan utama meningkatkan kualitas infrastruktur dan kesejahteraan warganya.

Kepala Desa (Kades) Loa Janan Ulu, Supariyo, menjelaskan bahwa pembenahan infrastruktur melibatkan berbagai aspek penting, seperti perbaikan jalan dan gang di beberapa Rukun Tetangga (RT), rehabilitasi jembatan, serta perbaikan sistem irigasi dan drainase di sekitar pemukiman warga.

“Telah diadakan pembangunan di Desa kamu, mulai dari perbaikan jembatan, aliran air atau saluran irigasi dan drainase dekat pemukiman warga,” ucap Kades Loa Janan Ulu, Supariyo pada, Rabu (08/11/2023).

Dia juga mengungkapkan, Pemerintah Desa juga tidak hanya fokus pada pembangunan fisik semata. Mereka juga telah menyalurkan bantuan sosial, termasuk rehabilitasi rumah bagi warga yang membutuhkan.

“Sebanyak tiga unit rumah warga telah direhabilitasi sebagai bagian dari program ini, semua proyek ini didanai menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD),”

Lebih lanjut, Rehabilitasi rumah tidak hanya membantu warga memiliki tempat tinggal yang lebih layak, tetapi juga meningkatkan taraf hidup mereka.

Selain itu, Supariyo menjelaskan, peningkatan infrastruktur jalan akan memperbaiki aksesibilitas bagi warga, terutama para pelajar yang akan lebih mudah pergi ke sekolah.

“Infrastruktur jalan memiliki manfaat dalam memperlancar perekonomian, pendidikan dan khususnya bagi anak-anak sekolah,” jelasnya.

Dengan program pembangunan yang komprehensif ini, diharapkan masyarakat desa akan merasakan manfaat jangka panjang yang signifikan.

(ADV/ Diskominfo Kukar)

81

Leave a Reply

Your email address will not be published.