Proyek ITK dan Air Bersih Jadi Usulan dalam Musrenbang

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan dalam kegiatan Musrenbang Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Badan Perencanaan Pembangunan (Bappenas) menyampaikan beberapa usulan proyek skala prioritas, Kamis (22/04) lalu. Mengingat Balikpapan sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Wali kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan, untuk total Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang diusulkan sekitar Rp 2,6 triliun ke provinsi.

“Dalam kegiatan Musrembang Provinsi, masing-masing daerah mengajukan usulan,” jelas Rizal.

Dikatakannya, untuk usulan yang diajukan Bappenas, diantaranya Institut Tekhnologi Kalimantan (ITK) yang akan dijadikan sebagai proyek strategis nasional.

Selanjutnya, proyek air bersih yang kini tengah dikerjakan di Semoi Kecamatan Sepaku atau lokasi IKN, agar ditingkatkan kapasitasnya. Dari hanya 1.500 liter per detik menjadi 2.500 liter per detik.

“Mengapa kapasitas air minta ditingkatkan, karena ki minta 1.000 liter-nya untuk Balikpapan. Karena Balikpapan kesulitan air baku,” imbuhnya.

Selain itu, Pemkot juga minta agar Jalan Mulawarman di Balikpapan Timur menuju jalan tol agar segera diperlebar dan dibuat dua jalur. Ditambahkannya, untuk pembangunan SMK Negeri 7 dianggarkan dalam APBD Provinsi Kaltim tahun depan.

“SMK 7 juga kami minta segera dianggarkan di APBD Provinsi 2022 karena itu sangat dibutuhkan,” tutupnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *