Metro Kaltim

PT BAS Hibahkan Anggaran Pengelolaan Sektor Sawit Di Karangan

MetroKaltim.com, SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar melakukan kunjungan kerjanya di Kecamatan Karangan, Kutim, Kalimantan Timur, didampingi putri tercintanya yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Kaltim, Rizky Amalia.

Dalam kunjungannya Ismunandar juga menghadiri, launching penyerahan hasil perdana kebun kemitraan yang turut bekerja sama dengan PT Bima Agri Sawit (BAS/DSN) Group, KSU Dharma Mulia Palma Desa Baay Kecamatan Karangan, Kutim. Yang mana agenda prosesi serah terima tersebut berlangsung di lapangan Karangan Hilir.

Dalam kesempatan itu Manager CSR PT BAS, Suryansah secara simbolis juga menyerahkan hasil serah terima yang dimaksud kepada Bupati Ismunandar secara langsung hasil perdana pada sektor perkebunan sawit. Yang mana oleh Ismunandar penyerahan dari manager CSR PT BAS tadi didonaturkan kembali kepada KSU Permata Jaya Desa Karangan Seberang, Kecamatan Karangan.

Adapun hasil perkebunan sawit yang diserah terimakan berupa nominal anggaran, untuk KSU Permata Jaya Desa Karangan Seberang, Kecamatan Karangan senilai KSU Permata Jaya Desa Karangan Seberang, Kecamatan Karangan senilai Rp 279.734.515. Sedangkan KSU Dharma Mulia Palma Desa Baay Kecamatan Karangan sebesar Rp 436.679.752.

Kegiatan DSN group ini direspon positif oleh bupati. “Tentunya apa yang barusan dilakukan melalui prosesi serah terima sejumlah nominal nilai anggaran, yang disumbangsihkan tentunya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terkhusus di Kecamatan Karangan ini,” jelas Ismunandar.

“Saya ucapkan selamat kepada DSN group, apa yang sudah dilaksanakan di Kecamatn Muara Wahau dan Kongbeng. Apa yang dulu saya minta dilakukan juga di Kecamatan Karangan ini. Hari ini, kita sudah saksikan berbagi dengan KSU. Saya apresiasi karena DSN sudah menerima kebun masyarakat,” sambungnya.

Manager CSR PT BAS, Suryansah mengungkapkan di hadapan bupati, sebelumnya pihak PT BAS yang turut menangani pengelolaan sawit yang dihasilkan dari petani-petani se-Kecamatan Sangkulirang, pada priode periode Januari 2019– Juni 2019 senilai Rp 5.978.000.000 atau hampir Rp 6 miliar, dengan rata-rata per bulan membeli TBS petani sebasar Rp 1 miliar.

Ia menambahkan koordinasi melalui kemitraan terkait operasional armada jenis truk angkut CPO dengan Koperasi Dharma Mulia Palma dan Permata Jaya, di Karangan selama 6 bulan berjalan mencakup nilai kontrak kurang lebih Rp 1 miliar. Kemudian terkait dengan pembangunan perumahan di PT BAS juga melibatkan kontraktor lokal koperasi yang ada di Kecamatan Karangan, dengan nilai kontrak Rp 4.050.000.000.

Dalam kegiatan tersebut, selain dihadiri oleh Bupati Kutim, turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Suwandi, Plt Kepala Dinas Pendidikan Roma Malau, Plt Kepala Disperindag Zaini, Direktur PDAM Kutim Suparjan, Plt Kasatpol PP Didi Herdiansyah, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kutim dr Yuwana Dri Kurniawati, Kepala Bagian Pembangunan Poniso Renggono, Kapolsek Sangkulirang Iptu Arif Ridho, anggota DPRD Kutim terpilih Muhammad Ali, Afansyah, DPRD Kaltim Siti Resky Amelia dan pajabat lainnya.(Diskominfo/mk-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *