Metro Kaltim

Puluhan Ton Sampah di TPS Pasar Sepinggan Dibersihkan Tim URC DLH Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pembersihan terhadap sampah limbah pasar terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Setelah tumpukan sampah di Pasar Pandansari yang berhasil dibersihkan, kini giliran tumpukan sampah di Pasar Sepinggan, Balikpapan Selatan yang dibersihkan.

Alhasil puluhan ton sampah yang menumpuk dari limbah pasar hingga limbah rumah tangga, diangkut oleh tim Unit Reaksi Cepat (URC) DLH Kota Balikpapan.

Dengan di bawah komando Kabid Kebersihan DLH, Subardiyono pembersihan tempat pembuangan sampah (TPS) Pasar Sepinggan, Balikpapan Selatan dilakukan hingga Minggu (22/13) dini hari sekira pukul 00.30 wita.

“Ada puluhan ton sampah yang kami angkut dari TPS tersebut. Kami menerjunkan dumtruk, convektor, tangki dan pasukan URC DLH satu pleton,” beber Subardiyono, kemarin.

Kondisi TPS di Pasar Pandansari sebelum dibersihkan Tim URC DLH Kota Balikpapan.

Dalam pelaksaan pemberishan TPS Pasar Sepinggan, dumtruk harus dua kali bolak balik mengangkut sampah-sampah yang ada. Melihat dari tumpukan sampah ini, Subardiyono berharap kerjasama para pihak terkait, agar kejadian serupa tidak terulang. Baik dari pihak Dinas Pasar, kelurahan hingga kecamatan untuk memberi edukasi kepada masyarakat membuang sampah di dalam bak penampungan, bukan malah membuang di luar bak penampungan, seperti halnya di TPS Pasar Sepinggan ini.

“Diharapkan kerjasamanya dari pihak terkait untuk edukasi jam masyarakat membuang dan dijaga, jangan juga kendaraan umum yang membawa sampah hanya ditumpah begitu saja, termasuk gerobak dari pasar, seharusnya bisa membantu membuang masuk kedalam bak yang lebar itu,” terangnya.

Melihat kondisi tumpukan sampah sebelumnya, Subardiyono juga sangat prihatin. Apalagi di lokasi tersebut juga terdapat rumah ibadah umat islam berupa musala, serta pasar sebagai tempat berbelanja.

“Kalau sampah menumpuk pasti masyarakat terganggu, baik yang mau beribadah maupun berbelanja ke pasar. Makanya kami imbau selalu membuang sampah pada jamnya dan di dalam bak sampah yang telah di tentukan,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *