Pura-pura Belanja, Pelaku Pencurian Gondol Uang dan Hp Korban

Balikpapan, Metrokaltim.com – Seorang penjaga toko kelontong bernama Susiana, warga Jalan Mulawarman, Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan Timur menjadi sasaran aksi pencurian pemberatan, dengan modus pura-pura berbelanja pada Rabu, 30 September 2020 kemarin. Kejadian berlangsung menjelang siang atau sekitar pukul 11.00 Wita di toko kelontong milik orang tuanya di Rt 05, Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan Timur.

Mulanya wanita berusia 41 tahun itu dihampiri seorang pria bersepeda motor yang seolah hendak membeli dagangan di toko. Merasa wajar, Susi sapaan akrab korban berpaling mengambilkan barang yang ditanyakan pria tersebut.

Namun, saat Susi hendak menunjukan barang yang ditanya, pelaku lebih dahulu menghilang. Tak cuma itu, tas pinggang korban berisi uang Rp. 795 Ribu serta handphone merek OPPO A3s yang semula terletak di atas meja toko turut raib.

Kapolsekta Balikpapan Timur Kompol FX Hartanta mengatakan, setelah mengetahui barang berharganya raib, korban langsung melapor dan dilakukan penyelidikan. Setelah mendapat ciri-ciri pelaku, Polisi kemudian melakukan pelacakan dan penyergapan.

“Hasilnya Kami amankan seorang pria yang mirip dengan ciri-ciri pelaku sekitar pukul 17.00 Wita pada hari (dilaporkan) itu juga,” kata Hartanta di Mapolsekta Balikpapan Timur Kamis (1/10) siang.

Tersangka pelaku bernama Iwan alias Wan (38) diamankan bersama barang bukti handphone dan uang milik korban. Selain juga, sepeda motor bernomor KT 6344 LU yang dipergunakan untuk melancarkan aksi kejahatan.

Sampai dengan saat ini tersangka masih menjalani penyidikan untuk proses hukum lebih lanjut. Sementara penyidik menjerat tersangka dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan yang ancaman hukumannya pidana kurungan penjara selama 5 tahun.

“Masih kami periksa untuk penyidikan dan pengembangan. Mana tahu masih ada aksi tersangka di lokasi lainnya,” pungkasnya.

(idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *