Rancangan Awal RKPD 2022, DPRD Paser Bersinergi dengan Pemkab, Perhatikan Pembangunan dan Peningkatan SDM

Tana Paser, Metrokaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser terus bersinergi dengan DPRD Kabupaten Paser. Khususnya dalam hal pembangunan maupun pemberdayaan sumber daya masyarakat (SDM). Terlebih menjadi daerah penyangga ibu kota negara (IKN) baru nantinya.

Seperti yang dilaksanakan hari ini, Senin (8/2) melaksanakan forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022. Pembahasan ini digelar secara virtual, baik di ruang rapat pimpinan Ketua DPRD, Hendra Wahyudi dan ruang rapat Wakil Bupati Paser, H Kaharuddin.

Dalam rapat virtual untuk anggota legislatif, selain turut hadir Hendra Wahyudi, juga terlihat Ketua Komisi I, Hendrawan Putra, Ketua Komisi III, Edwin Santoso, serta Sekretaris DPRD, Amiruddin Ahmad. Rapat rencana awal RKPD 2022 ini juga menghadirkan narasumber dari Pemprov Kaltim serta UGM.

Pembahasan terkait rancangan awal RKPD 2022, tentunya berbicara pula terkait Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD) nantinya. Untuk RPJMD, diakui Hendra banyak masukan. Begitupun dengan pengelolaan keuangan kedepan. “Intinya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Kabupaten Paser,” katanya.

Usai menyelesaikan persoalan itu, barulah selebihnya untuk yang berdaya saing. “Mudah-mudahan apa yang menjadi visi misi bupati terpilih ini bisa bersinergi. Dan juga hal-hal isu strategis yang prioritas dapat dituntaskan dengan baik kedepannya,” harap Hendra.

Kabupaten Paser sebagai penyangga IKN baru tak luput peranannya turut dibahas. Dimana meminta atau berbenah, khususnya sektor pertanian dalam arti luas. Pun dengan perekonomian maupun sektor industri lainnya.

“Jadi dari sekarang harus berbenah menyambut IKN baru. Jangan sampai nanti begitu pembangunan IKN terbentuk dengan cepat, tidak disertai atau diimbangi dengan SDM. Yang ada nanti tertinggal. Pokoknya harus siap sebagai daerah penyannga IKN,” pungkasnya.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *