Rapat DILKUMJAKPOL, Mewujudkan Tujuan Pemasyarakatan Ditengah Pandemi Covid-19

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Kaltim) menyelenggarakan Rapat Koordinasi DILKUMJAKPOL wilayah Kaltim tahun 2021, dengan tema Harmonisasi dan Sinergitas Antar Penegak Hukum dalam upaya mewujudkan tujuan pemasyarakatan ditengah pandemi covid-19.

Kegiatan dihadiri Pengadilan Tinggi Kaltim, Kejaksaan Tinggi Kaltim, Kepolisian Daerah Kaltim, BNN Provinsi Kaltim, Dinas Kesehatan Propinsi Kaltim, Para Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Kaltim, serta Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Kaltim dan Utara.

Dalam sambutannya sekaligus membuka rapat koordinasi, Kepala Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltim Sofyan menyampaikan, bahwa Rapat DILKUMJAKPOL ini dimaksudkan untuk menguatkan peran koordinasi dan konsultasi antar penegak hukum dalam ketatalaksanaan sistem peradilan pidana, dan mewujudkan harmonisasi dan sinkronisasi dalam upaya penegakan hukum dan perlindungan HAM.

Sofyan juga mengapresiasi Kepala Divisi Pemasyarakatan dan jajaran atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Komunikasi dan koordinasi ini untuk membangun sinergitas secara berkesinambungan, semakin ditingkatkan mengingat masih banyaknya polemik permasalahan pelaksanaan tugas di bidang Pemasyarakatan yang harus mendapat perhatian serius para pemangku kepentingan,” ujar Kakanwil saat membuka kegiatan DILKUMJAKPOL PLUS Tahun 2021, Senin (6/12).

Lanjutnya, semua tentu menjadi tantangan yang mau tidak mau harus dihadapi bersama. Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini muncul gagasan-gagasan dalam rangka terwujudnya harmonisasi dan sinkronisasi dalam upaya memadukan, menyelesaikan, menyeimbangkan, serta mengoptimalkan pekerjaan yang melibatkan sejumlah unit kerja yang memegang peranan penting dalam Criminal Justice Sistem (CIS).

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel forum DILKUMJAKPOL PLUS 2021 dimulai dengan Pemaparan Materi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Jumadi yang menyampaikan, kondisi diwilayah kerja Pemasyarakatan Kaltim dan Kaltara. Selanjutnya secara interaktif masing-masing dari perwakilan Instansi menanggapi pemaparan yang telah disampaikan oleh Kadiv Pemasyarakatan.

“Sementara masukkan dan tanggapan dari berbagai instansi penegak hukum akan menjadi bahan kebijakan dan acuan untuk membantu dalam pemecahan permasalahan yang dihadapi,” ungkapnya. (Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *