Rapat Paripurna DPRD Penyampaian Laporan Pansus Aset, Budiono : Balikpapan Banyak Tidak Tertib Administrasi

Balikpapan, Metrokaltim.com – DPRD kota Balikpapan menggelar rapat paripurna masa sidang 1 tahun 2022, dengan agenda penyampaian laporan hasil kerja dan rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) Aset, Gedung dan Bangunan yang sudah bekerja selama 9 bulan.

Usai paripurna, Wakil Ketua DPRD Budiono menjelaskan, dengan penyerahan laporan Pansus Aset, Gedung dan Bangunan, terdapat beberapa rekomendasi. Bahkan aset, gedung dan bangunan yang ada di kota Balikpapan banyak yang tidak tertib administrasi.

“Ketika semua tertib administrasi, itu bisa menunjang pendataan dan ekonomi kota Balikpapan,” ucap Budiono saat ditemui awak media, Selasa (8/2/2022).

Salah satu rekomendasi dari penyelamatan aset yakni pendataan sertifikat yang belum baik. Begitu juga gedung bangunan budiluhur yang sudah selesai pinjam pakai sejak 2015, namun tidak diambil alih pemerintah untuk dikelola.

“Ada juga asrama mahasiswa di Jogja dan Makassar yang saat ini juga tidak terpelihara,” jelas Wakil DPRD.

Pada dasarnya aset, gedung dan bangunan yang saat ini pendataan dan dokumennya tidak tertib, seyogyanya untuk bisa ditertibkan agar benar-benar menjadi miliki kota Balikpapan.

Rekomendasi ini diberikan untuk wali kota, sehingga pengawalannya setelah DPRD membentuk Pansus dan menyerahkan laporan. Maka pemerintah kota harus menindak lanjuti rekomendasi tersebut.

“Kewajiban kita sebagai lembaga legislatif, baik itu pengawasan dan penganggaran, jika perlu diselesaikan administrasi legalitas akan dianggarkan,” paparnya.

Sementara target rekomendasi itu dilakukan sesegera mungkin, agar tidak terjadi tumpang tindih dan kehilangan aset. (Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *