Metro Kaltim

Rayakan Hari Jadi Indika Energy Group, Seribu Bibit Mangrove di Tanam di RT 3 Kariangau

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sebanyak 1.000 bibit mangrove ditanam di RT 3 Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat, oleh anak perusahaan Indika Energy Group, yakni PT Tripatra, PT Petrosea, dan PT Interport, pada Sabtu (19/10). Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun Indika Energy Group ke 19 tahun.

Pihak Indika Energy Group yang diwakilkan Human Capital Manager PT Petrosea, Poniran mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut. Keberadaan perusahaan pada suatu daerah harus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini semoga berkelanjutan. Kadang-kadang kami memikir apa yang kita kembalikan dan berikan kepada masyarakat. Selama perusahaan berada pada suatu wilayah diharapkan memberi manfaat kepada masyarakat sekitar. Dari kesempatan kerja, lingkungan dan sosial budaya. Maka itu kami lakukan penanaman seribu pohon bakau ditanam di kawasan hutan mangrove,” terang Poniran.

Alasan dari dilakukannya penanaman bibit mangrove, Poniran menuturkan dari sekira 2.400 hektare lahan mangrove yang terdapat di Kota Balikpapan, dimana sekira 1.700 hektare lahan mangrove berada di Kelurahan Kariangau. Namun lambat laun mengalami pengurangan, karena adanya aktivitas ekonomi.

“Tripatra, Petrosea, dan Interport beroperasi di wilayah Kariangau. Jadi sangat tepat untuk menyusun agenda menanam hutan bakau. Kenapa kami menanam kembali, kita lihat dari sekira 1.700 hektare tadi ternyata sudah berkurang, ada aktivitas pembukaan ekonomi dalam artian tambak. Ternyata tak semua tambak itu sampai sekarang masih menghasilkan bisa operasional dengan baik, sehingga banyak yang ditinggalkan, akibatnya Akibatnya hutan bakau berkurang,” bebernya.

Foto bersama perwakilan perusahaan, kelurahan, LPM dan warga sebelum penanaman 1.000 bibit mangrove di RT 3 Kariangau.

Dikatakannya, keberadaan bakau juga membantu dan mempermudah masyarakat untuk pemenuhan kehidupan sehari-hari. Dimana pada sela-sela akar pohon itu terdapat kepiting, udang dan ikan.

“Sehingga menjadi nilai manfaat ekonomi dari teman-teman nelayan. nilai dan manfaat perekonomian. Karena jika hutan bakaunya berkurang, teman-teman nelayan semakin jauh untuk mencari, yang dulunya cukup di samping rumah, sekarang kata pak RT kamu harus keluar ke Tanjung Batu atau sebagainya, karena semakin berkurang,” beber dia.

Masih dalam sambutan, keberadaan hutan bakau sebagai vegetasi alami. Dikarenakan terdapat menggantung hidup dari bekantan dan burung-burung. Itulah sebabnya pihaknya melakukan penanam 1.000 bibit bakau.

“Semoga bermanfaat dan berkelanjutan. Harapannya ini berjalan terus menerus,” ucapnya.

Sementara Camat Balikpapan Barat yang turut hadir, Muhammad Arif Fadilah lebih dulu mengucapkan terima kasih kepada Indika Energy Group yang melaksanakan kegiatan positif akan lingkungan. Terlebih telah banyak CSR yang dilaksanakan bersama anak-anak perusahaannya di kawasan Kecamatan Balikpapan Barat. Pada ulang tahun ke 19 itu, ia mendoakan untuk terus berkembang dan membawa dampak positif bagi sekitar perusahaan.

“Kita tahu pohon mangrove bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat sekitar dan habitat dari biota laut maupun bekantan dan burung-burung. Kami sangat suport sekali adanya penanaman mangrove di Karingau. Selamat hari jadi, maju dan sukses berkembang dan membawa dampak positif sekitar perusahaan,” tutur Arif Fadilah.

Sedangkan Ketua RT 3 Rusli, apa yang dilaksankana oleh Indika Energy Group pada hari jadi ke 19 tahun itu tepat sasaran, karena sangat dibutuhkan oleh nelayan. Dimana mengharapkan adanya partisipasi bagi perusahaan untuk peduli dan memperhatikan lingkungan.

“Alhamdulillah dalam rangka ulang tahun ini bersinergi dengan nelayan. Mereka (Indika Energy Group, Red) melaksanakan salah satu yang kami butuhkan selama ini. Karena lingkungan ini ternyata sangat berdampak. Mudahan apa yang dilakukan bersama anak perusahaan ini salah satu barometer yang khususnya lebih memperhatikan lingkungan kita bersama. Selama hari jadi, sukses selalu dan terus berkembang,” tutup Rusli.

Dalam kegiatan itu turut dihadir Lurah Kariangau M Iskandar beserta jajaran, Ketua LPM Kariangau Bejo Pawiro Utomo, Danramil 0905-02 Mayor Inf Masrukan.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *