Resmi Terpilih Jadi Ketua HIPMI Balikpapan, Iwan Wahyudi Siapkan Tiga Program Unggulan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam Musyawarah Cabang (Muscab) VIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Balikpapan, Minggu (21/3) pagi. Iwan Wahyudi resmi terpilih menjadi Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Balikpapan Periode 2021-2024.

Iwan Wahyudi mengatakan, dirinya mendapatkan mandat menjadi Ketua HIPMI tiga tahun ke depan. Adapun misi yang disampaikan, agar kedepan sinerginya bisa mewujudkan pengusaha tangguh, smart dan berani.

“Karena ada dua pengujung besar, pertama kita sudah masuk di ekosistem digital dan momentum hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim,” ucap Iwan Wahyudi saat ditemui awak media, Senin (22/3).

Dijelaskannya, mengapa ia pengen mendorong pengusaha tersebut, karena semangat entrepreneur atau wirausaha muda sudah tumbuh dan berkembang, apabila tanpa diimbangi kemampuan manajemen yang baik, profesional, positioning, diferensiasi yang bagus dan branding yang kuat dikhawatirkan wirausaha muda tidak akan berkembang.

“Dan sebagai pengusaha jatah kegagal itu harus kita ambil, cuman jangan sampai kegagalan itu menjadikan kita sebagai orang yang tidak bisa mengevaluasi kegagalan itu,” ujar Iwan yang juga selaku anggota DPRD Balikpapan.

Tentunya kedepan HIPMI akan hadir melengkapi perjalanan pengusaha muda, agar mempunyai kemampuan manajemen yang lebih baik, mulai dari pengelola keuangan dan segi pemasarannya.

Kemudian momentum IKN yang hadir di Kaltim, pastinya Balikpapan akan mendapatkan dampak yang sangat baik dari sisi pembangunan maupun ekonomi. Apalagi Balikpapan salah satu pintu gerbang di Kaltim.

“Pengusaha muda harus siap dari sisi legalitas, administrasi serta kemampuan SDM-nya. Kita berjejaring di HIPMI ini, untuk membuka luas informasi yang baik dan tepat untuk pengusaha,” jelasnya.

Ada tiga program yang ia canangkan kedepan, pertama HIPMI edukasi yaitu spirit enterpreneur tetap dikembangkan baik dikampus maupun luar kampus. Dengan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengusaha muda Balikpapan, agar menjadi pengusaha yang tangguh punya kemampuan manajemen yang baik dan mampu mengeksekusi dengan tepat.

Kedua mewujudkan HIPMI kreatif untuk menghadapi era digitalisasi sehingga inovasi dan digitalisasi bisa dikembangkan dari kreatif. Dan ketiga HIPMI sinergi dengan mendorong peran menjadi mitra strategis khususnya kepada pemerintah kota untuk mengambil kebijakan dalam membantu pengusaha muda untuk berkembang.

“Jadi bukan hanya sinergi dengan pemerintah kota tetapi juga dengan BUMN, BUMD dan seluruh stakeholder ekonomi di Balikpapan agar menghasilkan benefit bagi anggota HIPMI,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *