Rizal Sidak Pasar Ramadan BP, Pastikan Makanan yang Dijual Aman

Balikpapan, Metrokaltim.com – Setiap tahun, Pemerintah kota Balikpapan rutin melakukan pengecekan di pasar Ramadan, seperti yang dilakukan hari ini (15/4) di Pasar Ramadan Balikpapan Permai.

Pengecekan diikuti beberapa unsur, mulai dari pemerintah kota, TNI-Polri, LOKA Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM), Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Pengecekan utama lebih kepada protokol kesehatan (prokes), karena salah satu persyaratan membuka Pasar Ramadan, prokesnya harus bagus, lalu keamanan, kesehatan dan juga kehalalan yang dijual pedagang, baik lauk pauk hingga kue.

“Untuk keselamatan penyajiannya bagus tidak, untuk keamanannya itu apakah bahan-bahannya tidak berbahaya, nah itu yang kami lakukan,” ucap Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi usai pengecekan.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi saat melakukan sidak ke Pasar Ramadan di kawasan Balikpapan Permai.

Hal ini dilakukan supaya masyarakat yang mengkonsumsinya juga aman, serta untuk mendorong semangat masyarakat dalam berusaha.

Sementara untuk sampel yang diambil ini kurang lebih 18 jenis makanan dan semua memenuhi syarat sehat dan aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk berbelanja.

Kepala Loka POM kota Balikpapan Sumiyati Haslinda menambahkan, dari berbagai sempel makanan yang diambil tidak ada temuan makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti Rodamin B, Pormalin, Borak dan lainnya.

“Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan di berbagai tempat pasar Ramadan di Balikpapan, sehingga masyarakat juga akan lebih aman untuk berbelanja,” jelasnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *