Metro Kaltim

Roda Dua Dominasi Lakukan Pelanggaran


Balikpapan, Metrokaltim.com – Setelah berjalan sepekan sejak digelar pada Kamis (29/8) Operasi Patuh Mahakam 2019 yang digelar jajaran Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Balikpapa  menindak sebanyak 788 pegendara. Para pengendara ini diberikan surat tilang untuk mengikuti sidang atas pelanggaran lalu lintas yang dilakukannya.


Kasat Lantas Polres Balikpapan, AKP Agung Ngurah Alit mengatakan, selain dilakukan penilang terhadap pengendara yang melanggar, juga ada diberikan teguran. “Totalnya 1.003 tilang dan teguran selama seminggu ini,” sebutnya.

Kasat Lantas Polres Balikpapan, AKP Agung Ngurah Alit S


Dalam melakukan kegiatan Operasi Patuh, pihak Satlantas Polrea Balikpapan, melakukan dua sistem yakni razia stationer atau di satu tempat, dan razia hunting atau berkeliling dan langsung menindak pengendara yang melanggar.
Untuk sistem hunting sendiri, petugas Satlantas kebanyakan mendapati pelanggaran pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm dan melawan arus. 


“Kalo sistem hunting itu sasarannya helm dan melawan arus. Karena ada tiga pelanggaran utama, dari delapan pelanggaran prioritas yang jadi target. Tidak pakai helm, melawan arus dan sabuk pengaman,” bebernya.


Melihat jumlah penindakan yang dilakukan selama sepakan sudah melebihi 750 pengendara, berarti sudah sekira 60 persen dari target yang telah ditentukan yaitu 1.500 pengendara yang dilakukan penindakan. 


“Sebagian besar pelanggaran pengendara roda dua. Sementara untuk roda empat pelanggaran rata-rata tidak menggunakan sabuk pengaman,” pungkasnya.
(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *