RT 14 Hasil Pemekaran Pertama di Kariangau, Tiga Calon Ketua RT Diusung Warga

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sejumlah kelurahan di wilayah Balikpapan mulai melakukan pemekaran RT di tahun 2021 ini. Selain karena semakin padatnya jumlah penduduk di satu RT, luas wilayah yang diemban satu RT menjadi salah satu faktor.

Seperti di wilayah Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat ini. Rencananya ada 4 RT yang akan dimekarkan pada tahun 2021 ini yakni RT 2, 4, 8 dan 10.

RT 2 pun menjadi yang pertama melakukan pemekaran. Setelah administrasi dinyatakan lengkap, sebagian wilayah RT 2 pun kini menjadi RT 14. Kegiatan pemekaran sekaligus pemilihan Ketua RT 14 ini dilakukan pada Sabtu (13/3) malam di Masjid Al-Ikhlaas, Gang Logpond, Kariangau, Balikpapan.

Dalam pemilihan ketua RT tahun ini memang sedikit berbeda. Dikarenakan masih dalam pandemi Covid-19. Pihak panitia pun melakukan pemungutan suara dari rumah ke rumah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Proses penghitungan suara yang disaksikan warga dan pihak kelurahan.

Setelah seluruh warga RT baru menyalurkan hak suaranya. Penghitungan suara pun dilakukan di hadapan Lurah Kariangau, M Iskandar beserta staf kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Kariangau.

Ada tiga kandidat yang diusung warga untuk menjadi Ketua RT 14 yang baru terbentuk ini, yakni Apriyanto, Munir dan Syachril.
Usai melakukan penghitungan suara, Apriyanto unggul dari kedua kandidat lainnya dengan mendapatkan perolehan suara sebanyak 38 suara dari total 54 suara sah.

Lurah Kariangau, Iskandar pun langsung mengukuhkan Ketua RT 14 masa bakti 2021-2024. Dia berpesan agar ketua RT terpilih dapat bersinergi dengan pemerintahan khususnya kelurahan dalam berbagai hal.

“Semoga RT baru dan ketua RT ini bisa membawa berkah bagi warganya, dan ketua RT terpilih bisa amanah dalam menjalankannya. Untuk warga yang ingin mengurus administrasi kependudukan bisa langsung ke pak RT nya,” harapannya.

Selain itu Iskandar juga meminta agar warga RT 14 ini khususnya lansia untuk tidak takut divaksin. Hal ini semata-mata untuk kesehatan diri sendiri dan bersama.

Sambutan Ketua RT terpilih, Apriyanto.

“Pak RT terpilih tolong warganya khususnya lansia diberikan pemahaman bagi yang takut divaksin jangan takut karena ini untuk kesehatan,” pesannya.

Sementara itu Ketua RT 14 terpilih Apriyanto mengungkapkan rasa terima kasih kepada warga yang telah memberikan amanahnya untuk memimpin kampung ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh warga atas amanah yang diberikan, semoga saya bisa amanah menjalankannya, dan saya memohon bantuan dan masukan dari seluruh warga,” timpal Apri sapaan akrabnya.

Pria yang berprofesi sebagai jurnalis di Balikpapan ini dalam waktu akan mempersiapkan susunan kepengurusan RT 14 yang baru dimekarkan. Dia juga sudah mengagendakan dengan warga untuk membuka akses jalan tembus Gang Logpond dari jalan utama Jalan Sultan Hasanuddin.

“Keinginan warga di sini sudah lama, adanya jalan tembus di gang ini. Makanya dalam waktu dekat kita akan melakukan survei lokasi dan memutuskan seperti apa langkah selanjutnya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan pemekaran dan pemilihan Ketua RT 14 ini selain dihadiri tiga pilar kelurahan juga dihadiri perwakilan dari RT 2 Kariangau, tokoh masyarakat dan warga RT baru.

(idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *