Ruang ICU di Balikpapan Penuh Semua, Pemkot Siapkan Tenda Darurat

Balikpapan, Metrokaltim.com – Ruang ICU di seluruh rumah sakit di Balikpapan penuh. Hal ini disebabkan meningkatnya kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir. Pemerintah Kota Balikpapan pun berencana mendirikan tenda darurat sebagai antisipasi membludaknya pasien corona.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty membenarkan, semua ruang ICU di Balikpapan penuh. Kondisi ini, kata dia, sudah terjadi sejak tiga hari lalu atau pada Jumat (25/12).

“Sampai hari ini pemakaian ruangan ICU covid-19 full di semua rumah sakit (Balikpapan),” katanya, Senin (28/12).

Sebenarnya, Andi menerangkan, pasien Covid-19 asal Balikpapan hanya mengisi 71 persen dari seluruh ruang ICU yang ada di kota ini. Namun, sejumlah pasien corona dari luar daerah, seperti Kutai Kartanegara, Paser, Penajam Paser Utara hingga Samarinda, juga mengisi ruang ICU di Balikpapan. Hal inilah yang diyakini menjadi penyebab penuhnya ruang ICU di Kota Minyak.

“Ya, rumah sakit di Balikpapan juga dijadikan rumah sakit rujukan Covid-19 oleh sejumlah daerah,” beber perempuan berhijab itu.

Untuk mengantisipasinya kekurang ruang ICU, Andi menyebut Pemkot Balikpapan sudah menyiapkan beberapa opsi. Salah satunya mendirikan tenda darurat. Meski kurang baik, Andi menilai, tenda darurat sangat bisa membantu menangangi pasien Covivd-19. Karena hal tersebut telah dilakukan di sejumlah daerah-daerah lainnya.

“Sejelek-jeleknya tenda (tetap) boleh dibuka, karena sama seperti daerah lain untuk mengantisipasi lonjakan kasus,” sebutnya.

Selain itu, tambah Andi, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kaltim untuk merujuk pasien Covid-19 asal Balikpapan ke daerah lainnya. “Karena ICU kita juga terisi rujukkan dari Samarinda, maka bisa saja Balikpapan juga merujuk ke Samarinda,” tambahnya.

Andi juga meminta kepada warga yang memasuki usia senja dan punya penyakit komorbid bawaan agar menaati betul-betul penerapan protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, menghindari kerumunan hingga rajin mencuci tangan. Karena kelompok-kelompk tersebut yang paling rentan tertular corona.

“Kasihan kelompok rentan ini jika kena langsung parah dan butuh ICU. Sedangkan ICU penuh semua,” pungkasnya.

(sur/ ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *