Safari Ramadan di Masjid Al-Ula Baru Ulu, Wali Kota Pantau Prokes di Dalam Masjid

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan kembali menggelar kegiatan Safari Ramadan 1442 H di Masjid Al-Ula, Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat, Sabtu (24/4) malam.

Kegiatan ini selain untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat, pemerintah juga ingin melihat langsung penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam ibadah di bulan suci yang diterapkan di masing-masing masjid.

“Kami sangat bersyukur, karena salat tarawih tahun ini bisa dilaksanakan secara berjamaah meski dalam kondisi keterbatasan,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi usai salat Isya berjamaah.

Dalam sambutannya, Rizal mengucapkan terima kasih kepada pengurus masjid Al-Ula dan warga yang berkenan menerima rombongan Safari Ramadan dari Pemkot untuk bersilaturahmi bersama. Ia berharap kegiatan ini dapat semakin mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat, sebagai wujud sinergi guna membangun kota Balikpapan semakin maju.

Dikatakannya, bahwa penerapan prokes di setiap masjid berjalan cukup baik, apalagi pengurus selalu melakukan penyemprotan disinfektan dan meminta masyarakat menggunakan masker.

“Pandemi covid-19 masih terjadi di seluruh dunia. Dan hanya ada 2 penanganan yang dilakukan, antaranya menjalankan prokes dan melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Selain itu, di tanah suci pun masih memperketat prokes, sehingga Indonesia masih belum mendapatkan kepastian terkait keberangkatan haji jamaah. Apakah diberangkatkan atau tidak. Bahkan umroh pun masih belum diizinkan sampai saat ini. Karena Indonesia termasuk negara yang belum diizinkan masuk ke Arab Saudi.

“Hal ini dikarenakan angka terkonfirmasi covid-19 masih tinggi,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *