Sambut IKN, Ketua DPRD Kaltim Minta Pemuda Persiapkan Diri

SAMARINDA.Metrokaltim.com- Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang terus berjalan hingga saat ini tentu menunjukan progres positif. Ditambah lagi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan mitra strategis IKN.

Hal itu membuat Ketua DPRD Kaltim Hassanudin Mas’ud meminta agar pemuda Kaltim untuk mempersiapkan diri. Hamas -sapaan akrabnya- menyebut betapa pentingnya persiapan pemuda Kaltim dalam menyongsong era IKN. Dirinya melihat pemindahan IKN sebagai kesempatan bagi pemerataan pembangunan di Indonesia, yang sudah dikuatkan dengan dasar hukum berupa Undang-Undang (UU) Nomor 3/2022.

“Ini PR untuk generasi muda di Kaltim. Harus mempersiapkan diri. Bisa lewat peningkatan keterampilan dan kemampuan agar bisa jadi SDM unggul dan berkualitas,” ucapnya belum lama ini.

Hamas memberikan alasan mengapa pemuda harus siap, dikarenakan isu pemindahan IKN ke Kaltim telah menjadi sorotan nasional. Meski pembangunan IKN belum rampung, sudah terjadi migrasi penduduk ke Kaltim.

“Nanti setelah IKN sudah pindah ke Kaltim, prediksinya makin banyak penduduk yang bermigrasi ke Kaltim,”jelasnya.

Dirinya melanjutkan, tak hanya pegawai-pegawai negeri di lingkungan kementerian dan lembaga pusat, namun menurutnya akan banyak pula masyarakat umum yang turut pindah ke IKN untuk mengadu nasib. 

“Hal ini tentu akan menyebabkan ketatnya persaingan di dunia kerja. Jangan sampai anak Kaltim, generasi muda justru tidak bisa bersaing dan hanya menjadi penonton,” tutupnya.(Adv)

41

Leave a Reply

Your email address will not be published.