Metro Kaltim

Sambut IKN Runway SAMS Sepinggan Akan di Perpanjang

Balikpapan, Metrokaltim.com – Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan (SAMS) Balikpapan berencana akan melakukan perpanjangan landasan pacu dari 2500 meter menjadi 3250 meter. Selain landasan pacu atau yang biasa di sebut runway, Angkasa Pura I Balikpapan juga akan melebarkan terminal yang ada saat ini. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan berkaitan dengan Ibu Kota Negara yang baru. Peryataan ini di sampaikan langsung oleh General Manager Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha pada (11/9) siang.

General Manager Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha mengatakan, saat ini panjang landasan pacu baru 2500 meter dan akan di tambah menjadi 3250 meter, hal ini di lakukan untuk mendukung Kalimantan Timur yang kini sudah di tetapkan menjadi Ibu Kota Negara.

Penambahan landasan pacu ini juga untuk mengantisipasi lonjakan gerakan pesawat yang datang dan pergi dari bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan di pastikan juga jumlah penumpang akan mengalami kenaikan seiring dengan perpindahan Ibu Kota Negara.

“Penambahan landasan pacu untuk mendukung mobilitas pembangunan IKN sehingga landasan pacu yang ada saat ini harus di tambah,” jelas Farid.

Untuk landasan pacu yang akan di bangun nantinya mampu menampung pesawat berbadan lebar seperti boring 747 – 400 yang mampu menampung 600 orang, begitu juga dengan terminal yang ada akan di perluas dari 110 meter persegi menjadi 300 meter persegi.

“Bandara akan mampu menampung 3000 orang pertahunnya, sementara yang ada saat ini baru bisa menampung 10 ribu penumpang pertahun,” jelas GM AP I.

Untuk dapat melakukan perpanjangan landasan pacu, Farid berharap mendapat dukungan dari semua pihak, agar rencana perpanjang landasan pacu bisa di lakukan sesuai dengan rencana nantinya.

“Semua butuh dukungan, agar bisa di lakukan pekerjaan sesuai dengan rencana yang ada,” ungkapnya.

Selian itu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga menerima penghargaan tingkat dunia dalam kategori di bidang pelayanan pelanggan dari Airports Council International (ACI) diajang Airport Service Quality (ASQ) Awards 2018. Ini merupakan salah satu bukti jika Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan siap menyambut Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *