Metro Kaltim

Sambut IKN , Tata Drainase Dengan Baik

Balikpapan, Metrokaltim.com – Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersama kepala Dinas Pekerjaan Umum kota Balikpapan melakukan inspeksi mendadak di sejumlah lokasi proyek yang saat ini di kerjakan di Kecamatan balikpapan Kota dan Balikpapan Selatan pada Selasa (03/8) pagi.

Inspeksi yang di lakukan oleh walikota Balikpapan bersama dinas PU untuk memastikan pekerjaan yang ada, baik dari peningkatan jalan, drainase dan gorong gorong. Selian itu walikota Balikpapan juga melihat secara langsung kawasan drainase yang masih di penuhi sampah plastik yang dapat menyebabkan terjadinya banjir.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, ini merupakan pekerjaan rumah bersama, jadi masyarakat juga harus merubah pola membuang sampah, terutama sampah plastik.

“Keamanan, kelancaran drainase harus di jaga bersama sama, semangat gotong royong, bisa membersihkan sampah yang menumpuk,” jelasnya.

Rizal menambahkan, hal ini bukan pada persolana banjir saja, namun bagaimana kelancaran saluran air bisa terjaga sehingga tidak menggenang yang dapat menimbulkan persoalan baru kedepan.

“Ada demam berdarah yang terjadi, namun jika air lancar pasti tidak ada,” ucapnya.

Untuk mengurangi titik banjir sendiri merupakan upaya pertama yang harus di lakukan oleh pemerintah kota Balikpapan mengingat Balikpapan menjadi kota penyangga utama Ibu kota negara yang baru. Kita akan berusaha semaksimal mungkin titik banjir akan bisa di kurangi.

“Kita harus bisa sepeti Surabaya kota yang besar namun mampu menata drainase dengan baik,” pungkas Rizal.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *