Metro Kaltim

Satu Bangunan Gosong “Dilalap” Si Jago Merah

Balikpapan, Metrokaltim.com – Suasana tenang di Gang Pramuka I RT 30 Kelurahan Damai, Balikpapan Kota, mendadak menjadi panik pada Sabtu (7/9) pagi, setelah api berkobar membakar satu bangunan rumah.

Diketahui, rumah kayu yang dihuni oleh Ramadhan (30) bersama istrinya muncul api sekira pukul 09.50 wita. Lantaran bangunan teebuat dari bahan mudah terbakar, api dengan cepat membesar dan melalap seluruh bangunan.

Petugas BPBD bersama anggota kepolisian saat melakukan pemadaman di lokasi kebakaran.

Menurut warga api pertama kali muncul dari arah dapur rumah Ramadhan, dengan cepat api membesar dan merembet ke bagian depan rumah. Melihat kebakaran warga bahu membahu mencoba memadamkan api secara manual, sementara warga lainnya menghubungi pihak pemadam.

Salah satu warga di sana Ruslan Abdulgani alias Ujang (53) mengatakan dia mengetahui api tiba-tiba sudah membesar dan mulai melalap satu bangunan rumah. “Saya taunya api sudah besar, datang ke sini langsung bantu pemadaman,” katanya di lokasi kejadian.

Saat terjadi kebakaran, kondisi rumah tersebut dalam keadaan kosong, Ramadhani beserta istrinya sedang bekerja. “Jam 8 pagi kami pergi kerja, rumah kosong,” kata Ramadhani yang bekerja sebagai kuli bangunan.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang mendapat informasi kebakaran dari masyarakat, langsung mengerahkan sejumlah mobil pemadam kebakaran (damkar) dari sejumlah UPT. Sedikitnya enam unit mobil damkar diterjunkan di lokasi kebakaran.

“Kami terima informasi dari masyarakat terjadi kebakaran, api cukup besar kita turunkan 6 unit,” timpal petugas BPBD, Usman Ali saat berada di TKP kebakaran.

Petugas pemadam berhasil menjinakan si jago merah kurang lebih satu jam. Bangunan kayu berupa rumah panggung itu pun rata dengan tanah. “Pemadaman sekira satu jam, tidak ada kendala, karena mobil pemadam kami bisa masuk ke dalam gang,” tandasnya.

Proses pemadaman dibantu sejumlah relawan diantaranya Info Bencana Balikpapan, Balakarcana, Satpol PP, dan petugas kepolisian.

(riyan)

One thought on “Satu Bangunan Gosong “Dilalap” Si Jago Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *