SD di Balikpapan Disusupi Maling, Polisi Amankan Empat ABG

Balikpapan, Metrokaltim.com – SD 006 di Jalan Bukit Pelajar IV, Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat, disusupi maling, beberapa waktu lalu. Barang-barang berharga di sekolah tersebut dicuri. Polisi pun berhasil mengamankan para pelaku pencuriannya.

Informasi yang dihimpun Metro Kaltim, ada empat orang anak baru gede (ABG) yang melakukan pencurian ini. Mereka berinisial AP (15), MRM (16), AF (14) dan MDR (15). Pada Sabtu (4/4) dini hari, mereka mendatangi SD 006 Balikpapan. Melihat situasi sepi, mereka lalu masuk ke sekolah tersebut.

Di sekolah itu, AP, MRM, AF dan MDR mencuri barang-barang elektronik. Diantaranya dua unit laptop merek Acer, dua unit proyektor, satu unit printer merek Epson, satu unit kyboard merek Acer, dua unit wirles atau pengeras suara, dua topeng putih dan satu set virtual reality box merek Samco.

“Mereka masuk ke sekolah tersebut melalui ventilasi di kantor ruangan guru,” kata Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, melalui Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Imam Tauhid, Jumat (5/1).

Akibat kejadian ini, sebut Imam, pihak SD 006 Balikpapan menderita kerugian sekitar Rp 20 juta. Tak terima barang-barangnya dicuri, pihak sekolah tersebut melaporkan pencurian ini kepada Polsek Balikpapan Barat. Mendapat laporan, pihak kepolisian langsung menyelidiki kasus tersebut.

Dari hasil penyelidikan, polisi berhasil menemukan sebuah rekaman CCTV. Dalam rekaman tersebut memperlihatkan aksi pencurian SD 006 Balikpapan. Seiring berjalannya waktu, Tim Opsnal Polsek Balikpapan Barat berhasil menemukan salah seorang pria yang ada di rekaman CCTV itu, yaitu AP.

Barang hasil curian yang berhasil diamankan pihak kepolisian dari tangan keempat pelaku yang masih ABG.

“Dia lalu kami amankan di rumahnya di kawasan Baru Tengah, pada Senin (27/4) sore,” ungkap Imam.

Setelah itu Ap dibawa ke Mapolsek Balikpapan Barat untuk diperiksa lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan inilah para pencuri di SD 006 Balikpapan lainnya terungkap. Kepada polisi, AP mengaku tidak bekerja sendiri. Dia bersama rekannya, MRM, AF dan MDR, dalam aksi pencurian di sekolah itu.

Mendapat informasi tersebut, polisi segera mengamankan MRM, AF dan MDR. Mereka semua diamankan di rumahnya masing-masing, pada Selasa (28/4) dini hari. “Mereka semua tinggal di kawasan Baru Tengah,” beber Imam.

Selain mengamankan para pelaku pencurian, polisi juga mengamankan barang-barang yang dicuri AP, MRM, AF dan MDR di SD 006 Balikpapan. Namun tak semua barang-barang berhasil didapatkan. Petugas hanya berhasil mengamankan laptop, dua unit proyektor, satu unit printer dan wirles.

“Jadi sebagian barang-barangnya telah dijual oleh tersangka. Dari hasil penjualan ini hanya tersisa Rp 700 ribu. Sisa uangnya itu juga sudah kami amankan,” ungakap Kapolsek.

Meski telah mencuri, namun AP, MRM, AF dan MDR tidak ditahan. Sebab, mereka berstatus anak berhadapan dengan hukum (ABH). Hanya saja, proses perkaranya masih terus berlanjut di kepolisian. “Tidak ditahan, perkaranya dilimpahkan ke PPA Polresta Balikpapan,” tandas Imam.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *