Sebelum Dievakuasi, Korban Tenggelam di Sungai Somber Dikelilingi Elang, Dikira Kayu

Balikpapan, Metrokaltim.com – Korban tenggelam, Gita Indra Pramita (36), ditemukan tewas mengapung di Sungai Somber, Balikpapan Utara, pada Kamis (13/2) pagi. Adalah Isal, seorang pemancing yang pertama kali menemukan jenazah Indra.

Kepada awak media, Isal menceritakan kronologis penemuan mayat Indra. Sekira pukul 09.00 Wita, ia bersama teman-temannya pergi ke Sungai Somber untuk memancing ikan. Namun, sebelum memancing, mereka bersantai-santai di pinggiran sungai.

Saat itu, mata Isal meraba permukaan Sungai Somber. Tiba-tiba, ia melihat sesuatu benda mencurigakan dekat kapal ponton di suangi tersebut. Isal kemudian memerintahkan rekannya untuk memastikan benda tersebut. “Ada yang bilang kek kayu,” cerita pria berkulit hitam itu.

Dari kejauhan, Isal melihat benda mencurigakan itu dikelilingi burung elang. Dia pun menaruh curiga, bahwa benda tersebut adalah bangkai. Dia lantas melaporkan temuan ini kepada petugas kapal poton tersebut agar segera menghubungi Tim SAR (search and rescue).

“Yang paling mencurigakan itu dia dikelilingin elang. Jadi keknya itu bangkai lah. Disitu kami curiga, jadi kami hubungi Basarnas supaya dicek dulu,” tandasnya.

Dipastikan Ngalim, petugas dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, benda yang dilihat Isal itu adalah mayat Indra. Sekira pukul 09.50, Tim SAR segera mengevakuasi jenazah Indra ke RSUD Kanujoso Djatiwibowo untuk diautopsi.

“Alhamdulillah, korban (Indra) berhasil ditemukan. Lokasi ditemukan sekitar satu nautical mile dari LKP (laporan kejadian perkara),” sebut Ngalim di lokasi penemuan.

Diberitakan sebelumnya, pada Selasa (11/2) sore, Indra bersama rekannya, Maskur, pergi ke Sungai Somber. Di sana mereka memancing dan menjala ikan dengan menggunakan kapal ketinting. Beberapa saat kemudian, Maskur pulang sebentar.

Saat kembali pada Rabu (12) dini hari, Maskur melihat kapal yang digunakan Indra terbalik dan Indra sudah tidak terlihat lagi. Pada hari itu juga, sekira pukul 10.00, Maskur melaporkan rekannya itu hilang kepada Pos Tim SAR di Somber.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.