Seluruh Korban Laka Air di Teluk Balikpapan Berhasil Dievakuasi, Begini Kronologi Kejadiannya

Balikpapan, Metrokaltim.com – Evakuasi terhadap seluruh korban laka air yang terjadi di Teluk Balikpapan, dilakukan tim SAR gabungan yakni Basarnas Balikpapan, TNI AL dan lainnya pada Rabu (3/3) pagi.

Sekira pukul 07.25 Wita kapal milik TNI AL Patkamla Lamaru berangkat dari pelabuhan Semayang menuju MV Manalagi Yasa untuk melanjutkan evakuasi korban.

“Pukul 09.17 Wita tim SAR gabungan sudah berada di koordinat Manalagi Yasa, dalam proses evakuasi korban. Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 12 Korban dari MV Manalagi Yasa yakni 11 WNA dan 1 WNI motoris speed boat dan dibawa ke Pelabuhan Semayang,” terang Kepala Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta, melalui Kasie Ops dan siaga, Octavianto.

BACA JUGA: Basarnas Balikpapan Berhasil Evakuasi 9 WNA, Korban Laka Air di Teluk Balikpapan

Setelah tiba di pelabuhan Semayang sekira pukul 10.55 Wita, para korban selanjutnya diperiksa oleh imigrasi Balikpapan. Dari keterangan yang dihimpun Metrokaltim.com, kronologi laka air terjadi di buih nol perairan Teluk Balikpapan, pada Selasa (2/3) malam sekira pukul 22.00 Wita. 20 orang Warga Negara Asing (WNA) dan tiga (WNI) bertolak dari Kapal MV Eurydiki menggunakan speed boat sewaan untuk ke Balikpapan.

Seluruh korban dievakuasi menggunakan bus milik TNI AL setelah tiba di pelabuhan Semayang.

“Pada pukul 22.20 Wita speed boat yang ditumpangi mereka mengalami kecelakaan di wilayah bouy 0 atau Sejauh 13 NM dari Balikpapan menurut informasi dari VTS / srop Balikpapan yang menerima info awal terjadinya laka tersebut melalui Radio oleh MV. Manalagi Yasa dan TB. Mulia 7,” papar Octa sapaan akrab Octavianto.

20 WNA itu menggunakan 3 speed boat dengan 3 motoris WNI. Satu speed boat membawa barang-barang dan dua speed boat lainnya membawa 20 WNA. “2 speed boat mengalami kecelakaan akibat cuaca buruk dan mengakibatkan speed boat mereka terbalik, sedangkan satu speed boat yang memuat barang-barang mereka selamat,” bebernya

Seluruh korban berhasil di selamatkan oleh Kapal yang lokasi terdekat dengan LKP. Dari keterangan yang dihimpun tim Basarnas. Tujuan mereka adalah untuk melaksanakan test PCR Covid-19 guna keperluan berangkat dari Balikpapan dengan menggunakan pesawat Udara tujuan Jakarta.

“Untuk kemudian mendapat kan Send Out dari pihak imigrasi ke negara mereka masing-masing, melalui bandara Cengkareng, Jakarta,” pungkasnya.

Diketahui, para WNA tersebut berkewarganegaraan Ukraina. Dengan demikian operasi SAR resmi ditutup.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *