Sembunyi di Dalam Truk, Penumpang Gelap Diamankan Polsek Semayang

Balikpapan, Metrokaltim.com – Petugas Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang berhasil mengamankan seorang penumpang gelap bernama Nirwana (36). Warga asal Kota Palopo, Selawesi Selatan (Sulsel), itu amankan karena hendak mudi ke Samarinda dengan cara ilegal.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang, Kompol Dika Yosep Anggara, menceritakan kronologis pengungkapan kasus ini. Pada Sabtu (9/5) malam, Kapal Motor (KM) Kirana tiba di Pelabuhan Semayang dari pelabuhan di Kota Pare-Pare, Sulsel. Sekira pukul 21.45 Wita, petugas Pos Pelayanan Terpadu Operasi Ketupat Mahakam 2020 mengecek kendaraan yang keluar dari kapal tersebut.

Penumpang gelap saat dimintai keterangan di Mapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang.

Kemudian petugas menemukan sesuatu mencurigakan saat memeriksa truk muatan sembako bernopol B 9654 BYU yang baru keluar dari KM Kirana. Petugas menemukan seorang perempuan bernama Nirwana sedang bersembunyi di belakang kursi pengemudi truk tersebut.

“Pada saat kapal mau berangkat dari Pare-Pare, dia (Nirwana) meminta tolong sama kernet untuk menumpang di truk itu. Alasannya dia ingin menemui suaminya yang sedang sakit di Samarinda,” kata Dika.

Mengetahui hal tersebut, petugas langsung membawa Nirwana beserta kernet dan sopir truk nopol B 9654 BYU ke Mapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang. Di sana mereka menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Bukan hanya itu, petugas juga membawa Nirwana ke RSUD Kanujoso Djatiwibowo, pada Minggu (10/5). “Di sana dia menjalani rapid tes Covid-19 dengan hasil negatif,” beber perwira melati satu di pundak itu.

Beruntung, meski telah menjadi penumpang gelap, Nirwana, kernet dan sopir itu tidak ditahan. Mereka hanya diberi sanksi ringan oleh petugas berupa membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan terlarangnya itu lagi.

“Setelah membuat surat pernyataan, penumpang gelap diserahkan kepada keluarganya untuk melanjutkan perjalanannya ke Samarinda,” tandas Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang.

(tya/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.