Sempat Tutup, Pelayanan Disdukcapil Kota Balikpapan Kembali Buka

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan yang sempat ditutup beberapa waktu lalu lantaran mengantisipasi penyebaran covid-19, kini akhirnya kembali dibuka.

Saat ini layanan Disdukcapil kembali dilakukan dengan menggunakan sistem online atau daring. Perekaman saat ini sudah mulai rutin kembali dilakukan. Per harinya ada sekira 900 kegiatan perekaman KTP elektronik.

“Masih gunakan sistem antrian melalui online dan itu akan dilakukan seterusnya walaupun tidak Covid-19,” kata Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi.

Saat ini seluruh pelayanan baik KTP elektronik, kartu keluarga, maupun pengurusan berkas kependudukan yang lain dilakukan secara online. Untuk KTP elektronik, per harinya pengurusan mencapai 300 hingga 400 orang.

“Pengurusan tersebut juga langsung kami cetak sehingga tidak ada yang menunggu. Jadi kalau sebelum itu ada yang masih memegang surat keterangan segera tukarkan,” terangnya.

Untuk pencetakan KTP elektronik selama Agustus mencapai 7.601, per harinya kuota perekaman 100 orang. Jadwal juga bisa memilih pada saat mendaftarkan. “Jadi sekarang sudah tidak ada antrian panjang lagi,” pungkasnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *