Serap Aspirasi Masyarakat, Polda Kaltim Gelar Jumat Curhat

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Polda Kalimantan Timur menggelar Program Jumat Curhat yang bertujuan untuk menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat sekaligus meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan lingkungan. Kegiatan ini berlangsung di Cafe Zaid, Somber Kel.Batu Ampar, Kec.Balikpapan Utara, Jumat (30/06/23).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dirbinmas Polda Kaltim Kombes Pol Anggie Yulianto, Wadir Binmas Polda Kaltim AKBP Roy Satya Putra, Perwakilan Ketua RT dari Kelurahan Batu Ampar, perwakilan dari warga dan tokoh masyarakat sekitar Pelabuhan Somber, Bhabinkamtibmas Kelurahan Batu Ampar, serta personel Ditbinmas Polda Kaltim.

Dirbinmas Polda Kaltim menjelaskan bahwa pentingnya Program Jumat Curhat sebagai sarana untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung. Setelah sambutan, dilakukan sesi tanya jawab guna menangkap keluhan dan aspirasi dari masyarakat. Beberapa pertanyaan yang diajukan mencakup isu kecelakaan, dan penimbunan sampah di wilayah tersebut.

Terkait kecelakaan yang belum ada progresnya, masyarakat diminta untuk melaporkan kejadian tersebut ke polsek dan Ditbinmas Polda Kaltim akan mengikutinya. Adapun masalah pergaulan anak remaja dan tindak kejahatan, ditekankan pentingnya peran keluarga, sekolah, dan lingkungan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Anak berumur di bawah 18 tahun menjadi tanggung jawab orang tua, sementara tindak kejahatan di lingkungan diharapkan bisa dicegah melalui Satkamling, Pungkas Dirbinmas.

Selain itu, penanganan sampah yang mengganggu lingkungan akan dikordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup, dan keberadaan Polisi RW di Balikpapan bertujuan untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat dalam menangani permasalahan di lingkungan setempat. Terkait adanya telepon pemerasan yang mengaku sebagai polisi, masyarakat diimbau untuk melaporkan hal tersebut ke Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Kaltim.

Kombes Anggie mengingatkan pentingnya menjaga ketertiban di rumah tangga, rumah ibadah, rumah sekolah, rumah adat, dan rumah pemerintahan agar program “Indonesia Emas 2045” yang diusung oleh Presiden Jokowi dapat terwujud. Dukungan dari masyarakat diharapkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Balikpapan, Tutupnya.

Acara ditutup dengan penyerahan sarana kontak kepada peserta “Jum’at Curhat” dan dilanjutkan dengan foto bersama sebagai tanda persatuan dalam menjaga kamtibmas di Kota Balikpapan.(*/ Ries ).

126

Leave a Reply

Your email address will not be published.