Metro Kaltim

Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Balikpapan, Kapolresta Sisir Posko Siaga

Balikpapan, Metrokaltim.com – Perayaan Natal dan perayaan Tahun Baru (Nataru) 2020 tinggal hitung hari. Untuk menjamin Nataru berajalan kondusif, jajaran Polda Kaltim meningkatkan keamanan. Sejumlah posko-posko siaga pengaman Nataru didirikan di Balikpapan.

Sabtu (21/12) malam, Dir Sabhara Polda Kaltim, Kombes Pol Dedy, bersama Kapolresta Balikpapan, AKBP Turmudi, mengunjungi posko-posko tersebut. Mereka mengecek serta memastikan posko-posko itu siap memberikan pengaman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Hasil pengecekan, Alhamdulillah, anggota kami semua siaga, semua siap. Baik itu secara posnya, maupun awak posnya. Personel yang di tempatkan juga sudah mengerti tugas-tugas dan tanggung jawabnya,” kata Turmudi kepada awak media disela-sela kunjungan.

Namun dalam hal ini, Polresta Balikpapan tidak bekerja sendiri. Dijelaskannya, pihaknya juga bekerja sama dengan beberapa instansi terkait lainnya di posko-posko siaga pengaman. Dia pun mengklaim, demi memberikan pengaman Nataru, kepolisian dengan pihak instansi terkait sudah saling kompak.

“Mereka sudah saling koordinasi dengan baik. Baik dari instansi terkait, maupun kepolisian dan TNI,” tutur Turmudi.

Lebih jauh, dia menerangkan, posko-posko siaga pengaman ini didirikan di beberapa wilayah di Balikpapan yang dinilai rawan terjadi kriminalitas. Seperti di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) dan Pelabuhan Semayang.

Namun belum semua posko tersebut telah dicek. Pihaknya menjadwalkan, lanjutan pengecekan posko akan dilaksanakan malam ini, Ahad (22/12). Jika pengecekan nanti malam belum juga tuntas, makan akan dilanjutkan lagi pada Senin (23/12) pagi.

“Tadi baru ada tiga, rencana kami lanjut lagi. Nanti ada Pos PAM BSB, nanti ada juga yang di Pasar Segar Balikpapan Baru. Kalau malam ini kira-kira terlalu larut akan kami lanjutkan besok pagi,” terang perwira melati dua di pundak itu.

Bandara SAMS dan Pelabuhan Semayang, beber Turmudi, akan menjadi prioritas pihaknya dalam memberikan pengamanan. Karena kedua tempat umum itu akan menjadi pusat keramaian, sehingga menjadi rawan terjadinya aksi kejahatan.

“Karena sudah mulai banyak masyarakat yang mudik untuk Natal dan Tahun Baru,” beber pria berkacamata itu.

Namun, dia memastikan, jelang Nataru ini, belum ditemukan adanya aksi kriminalitas yang dapat mengganggu perayaan Natal dan pergantian tahun. Semua aktivitas kota disebut masih berjalan lancar dan kondusif. “Alhamdulillah, masih belum. Semua masif relatif aman dan kondusif,” pungkasnya.

(sur/Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *